Kelola Plastik Bekas Sekali Pakai, Polres Tpi Gelar Workshop Ecobricker

TANJUNGPINANG (HK)- Polres Tanjungpinang menggelar Workshop Ecobricker Edukasi, kelola plastik bekas sekali pakai, berlangsung di Rupatama Polres Tanjungpinang, Selasa (16/7).

Kegiatan Workshop ini merupakan kerja sama Polres dengan sejumlah pihak. Di antaranya dengan Ecobrick Tanjungpinang, Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BCA, dan Bank Sampah Tanjungpinang.

Kegiatan ini diikuti Himpunan Melayu Raya Korwil Tanjungpinang, bersama sekitar 100 orang personel Polres.

Kapolres Tanjungpinang, AKBP Ucok Lasdin Silalhi dalam sambutan pembukaan kegiatan tersebut mengatakan, bahwa pengelolaan sampah di negeri ini merupakan permasalahan klasik dan sepele, namun hingga kini masih belum juga teratasi sepenuhnya dengan baik.

“Untuk itu mari kita menggali ilmu dan pengetahuan ini serta menularkannya kepada masyarakat Kota Tanjungpinang. Saya sangat berharap dengan kegiatan ini menjadi langkah nyata bagi Polres Tanjungpinang dalam mewujudkan kota ini menjadi lebih bersih, aman dan nyaman,” ucap Ucok.

Diterangkan, Ecobrick adalah metode untuk meminimalisir sampah dengan media botol plastik yang diisi penuh dengan sampah anorganik hingga benar-benar keras dan padat.

Tujuan dari ecobrick sendiri adalah untuk mengurangi sampah plastik, serta mendaur ulangnya dengan media botol plastik untuk dijadikan sesuatu yang berguna.

“Contoh pemanfaatannya adalah untuk pembuatan meja, kursi, tembok, maupun barang kesenian lainnya yang bahkan memiliki nilai jual. Kami juga berharap problem sampah dapat kita selesaikan,” terang Ucok.

Sementara GEA Trainer, Hidra Atmaja dalam sambutanya menyampaikan apresiasi kepada Polres Tanjungpinang atas terselenggaranya workshop ini sebagai bentuk nyata dalam rangka menjaga kebersihan lingkungan di daerah ini.

“Kita sangat apresiasi kepada Polres Tanjungpinang yang telah banyak melakukan kegiatan dalam rangka menjaga kebersihan lingkungan,”ucapnya.

Kegiatan Workshop juga diisi dengan penyerahan cinderamata serta penyampaian materi serta praktek membuat Ecobrick.(nel)

(Visited 14 times, 1 visits today)