Menteri Susi Apresiasi Isdianto Andalkan Pariwisata dan Perikanan

Menteri Susi Pudjiastuti dan Plt Gubernur Kepri H Isdianto disambut di Pantai Padang Melang, Letung Jemaja, Rabu (17/7) petang. IST

ANAMBAS (HK)- Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dan Plt Gubernur Kepri H Isdianto sepakat bahwa sektor perikanan dan pariwisata akan membawa daerah ini semakin maju. Dua sumberdaya ini tidak akan pernah habis kalau dijaga semua pihak.

“Pariwisata dapat uang dengan memperindah. Jaga keindahannya, maka turis akan datang. Kalau keindahan itu hilang, karangnya dirusak, orang datang hanya sekali,” kata Susi saat membuka Festival Padang Melang, di Pantai Padang Melang, Letung Jemaja Kabupaten Anambas, Rabu (17/7) petang.

Pembukaan ditandai dengan pemukulan alat musik tradisional Anambas oleh Menteri Susi, Isidanto, Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris dan sejumlah undangan yang hadir. Tradisi masyarakat pesisir dengan budaya yang kuat mewarnai pembukaan tersebut. Termasuk dengan prosesi tolak bala yang tampak magis.

Sementara, Isdianto dalam sambutannya kembali mempertegas bahwa Pemprov Kepri sangat fokus dalam pembangunan pariwisata dan perikanan. Sektor ini ke depan semakin diandalkan Kepri untuk meningkatkan perekonomian daerah.

“Pariwisata dan perikanan sangat kami andalkan. Sektor lain seperti tambang dan migas ada limitnya. Tapi kalau wisata dan kelautan perikanan kita jaga dan kreasikan, akan terus berkembang,” kata Isdianto.

Menurut Isdianto, kehadiran Susi ke Festival Padang Melang samgat memberi arti bagi kemajuan pariwisata dan perikanan. Apalagi komitmen Susi dalam memajukan sektor ini sudah terbukti.

Kepada masyarakat, untuk semakin berkembang pariwisata, Isdianto berpesan untuk bersama-sama menjaga pantai dan lautan. Apalagi di Kepri, 96 persen daerahnya adalah laut.

“Kita berharap orang sebanyak-banyaknya orang masuk ke Anambas. Kalau banyak wisatawan asing yang masuk berputarlah roda perekonomian,” kata Isdianto.

Isdianto berharap keindahan-keindahan Kepri terus disuguhkan setelah festival selesai. Biar para turis asing menyampaikan kepada kerabat mereka keindahan daerah ini dan keramahan masyarakatnya.

“Semakin banyak yang mendengar, yang kenal akan semakin banyak yang datang,” kata Isdianto.

Dalam pada itu, Menteri Susi mengatakan, dia bertanya kepada Isdianto, Kepri dan Anambas ingin mencari uang dari mana. Ketika Isdianto menjawab dari perikanan dan pariwisata, kata Susi, itu top sekali.

Susi pun berpesan kepada masyarakat untuk menjaga keindahan dan kelangsungan sumber daya laut. Karena ini penting untuk kemajuan pariwisata dan perikanan.

Keindahan Kepri ini, kata Susi, anugerah yang luar biasa. Tapi kalau tidak dijaga semua akan habis. Ikan dijaga dan diatur pengambilannya sehingga tambah banyak. Tak hanya untuk dimakan dan bisa dijual.

“Berhentilah mengeksploitasi perikanan dengan dinamit dan potas,” Susi mengingatkan semuanya.

Karena, hal itu akan merusak terumbu karang. Susi yang dalam kunjungan dua hari di Anambas juga melakukan snorkling. Hingga kedalaman lima meter, dia melihat banyak karang yang rusak karena penangkapan menggunakan potas dan dinamit.

Pengelola pariwisata, kata Susi, kalau dikelola dengan benar, dijaga kebersihannya para turis akan datang berkali-kali. Mereka juga mau membayar biaya tambat untuk singgah misalnya. Demi menjaga pantai dan laut tetap bersih.

“Saya yakin kalau Anambas dan Kepri berprinsip dua tadi semua akan indah dan produktif,” kata Susi.

Dalam pada itu, Bupati Abdul Haris mengatakan, iven pariwisata terus digelar dengan semakin meriah. Sehingga semakin banyak turis yang datang ke daerah ini. (r/and)

(Visited 100 times, 1 visits today)