PLS di SMAN 3 Batam Fokus Pendidikan Karakter #Hindari Tindakan Kekerasan Fisik

Midiyanto Ketua Panitia PLS

BATAM (HK) – Kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) diterapkan SMAN 3 Batam lebih fokus kepada prnguatan pendidikan karakter siswa, dan pengembangan diri. Baik itu untuk kegiatan hari pertama hingga terakhir. Menurut Ketua Panitia PLS SMAN 3 Batam, Midiyanto SPd, bahwa kegiatan PLS di sekolahnya sesuai dengan ketentuan yang diatur permendikbud, dan materi yang diberikan juga lebih fokus pada penguatan pendidikan karakter.

Ditegaskan Midiyanto, PLS diterapkan sekolahnya itu jauh dari bentuk kekerasan fisik maupun perploncoan, karena kegiatan tersebut melibatkan semua guru. Kendati ada OSIS dan Rohis ikut dalam kegiatan PLS tersebut, namun sifatnya hanya membantu memperlancar jalannya PLS.

Menurutnya, bahwa kegiatan PLS di sekolahnya dibagi menjadi 7 gugus, setiap gugusnya dibina langsung 2 orang guru dan dibantu 5 siswa senior. Sedangkan PLS sendiri telah dimulai sejak Sabtu lalu, yakni berupa pra PLS dalam mempersiapkan siswa menghadapi kegiatan PLS yang sebenarnya. Sementara hari pertama PLS, Senin (15/7), selain siswa baru, juga melibatkan orang tua untuk menyampaikan tata tertib dan peraturan sekolah, serta serah terima siswa baru kepada pihak sekolah. Disamping itu juga, materi pengenalan lingkungan sekolah mulai dari sarana dan prasarana di SMAN 3 batam, kurikulum diterapkan, guru, serta siswa kelas XI dan kelas XII.

“Hari keduanya dengan seminar Motivasi Belajar yang mendatangkan narasumber dari luar, dan materi lainnya,” ujar Midiyanto disela-sela kegiatan PLS hari kedua di sekolahnya, Selasa (16/7).

Untuk kegiatan PLS hari ketiga, pihaknya akan mendatangkan pihak kepolisian dengan materi penguatan karakter, serta menanamkan disiplin tehadap siswa. Selain itu mendatangkan pihak puskesmas, untuk materi penyakit tidak menular diusia remaja, dan reproduksi. “Kemungkinan untuk wawasan kebangsaan akan diisi oleh saya sendiri, kebetulan saya alumni dari Lemhanas juga,” jelasnya.

Sementara kegiatan PLS hari terakhir ini akan diisi dengan pentas seni dari masing-masing gugus yang akan dimulai pukul 13. 00 WIB hingga pukul 14.30 WIB. “Hari Jumat nanti kegiatannya akan diisi dengan Ekskul Fair, dan Sabtunya pembagian kelas, dan wali kelas. Namun untuk siswa kelas XI dan kelas XII, dari hari Jumat telah efektif belajar, meski hanya 4 jam mata pelajaran,” jelasnya.

Terkait siswa baru yang masuk terlambat pada PPDB tahap 3, kata Midiyanto, nanti akan diadakan lagi PLS gelombang ke 2 namun waktunya akan dipersingkat dari 3 hari bisa menjadi 2 atau 1 hari. (men)

 

(Visited 22 times, 1 visits today)