by

Harga Cabai Dua Kali Lipat, Satgas Pangan Wanti-Wanti Mafia Cabai

BINTAN (HK) – Harga cabai dipasaran Kabupaten Bintan mencapai dua kali lipat dibandingkan biasanya. Kenaikan harga cabai ini banyak dipengaruhi faktor, selain daerah pemasok seperti diwilayah Jawa dan Medan serta NTB yang sedang dilanda cuaca kurang baik. Juga keterlambatan pasokan cabai masuk ke Bintan.

Hal ini menimbulkan kekhawatiran pihak terkait, karena ulah para mafia yang ingin harga cabai tetap tinggi. Untuk itu Tim Satgas Pangan Polres Bintan, mengingatkan agar pihak terkait tidak memainkan pada momentum disaat harga cabai sedang tinggi.

Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Bintan, Setia Kurniawan menjelaskan, pola kerja para mafia sembako biasanya memanfaatkan momen pasar. Misalnya, disaat harga cabai dipasaran tinggi, pemasok cabai biasanya menahan stok cabai agar harga dipasaran tetap tinggi.

“Contohnya saja, ketika harga cabai tinggi, terus yang punya stok menahannya. Otomatis harga tetap tinggi karena kebutuhan meningkat sedangkan stoknya sedikit. Bila seperti ini, harganya akan terus tinggi,” ujarnya, Rabu (17/7).

Ia memperingatkan, bila mana para mafia yang bermain, maka ganjarannya mendapat dipidana penjara dan denda yang sangat besar. Karena aturan telah dijelaskan, bahwa setiap orang yang dengan sengaja menghambat pendistribusian kebutuhan pokok dapat dipidana penjara. “Di Undang-Undang nomor 7 tahun 2014 tentang perdagangan, ancamannya 12 tahun penjara dan denda Rp 50 miliar,” ungkap pria yang akrab disapa Iwan. Seraya ia berharap, seluruh pihak terkait di pendistribusian kebutuhan pokok yang ada di Bintan tidak semakin memperburuk kondisi harga di pasaran yang berdampak terhadap masyarakat luas.

Berdasarkan hasil pengawasan di Pasar Barek Motor Kijang, Iwan menyebutkan harga cabai rawit Medan Rp 88 ribu/Kg, sedangkan rawit lokal Rp 84 ribu/Kg. Sedangkan harga cabai merah dijual Rp 888 ribu/Kg, cabai hijau Medan Rp 52 ribu/Kg dan cabai hijau lokal Rp 60 ribu/Kg.

Sementara pada 5 Juli lalu, harga cabai rawit masih Rp 86 ribu/Kg, sedangkan harga cabai merah masih Rp 86 ribu/Kg. “Ya kita juga sedang menyelidiki kenapa harga cabai lokal juga ikutan tinggi. Karena kan tidak ada hiaya transportasi,” tegasnya. (oxy)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed