by

Kondisi Terumbu Karang Jemaja Tinggal 40 Persen

ANAMBAS (HK) – Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, menyayangkan kondisi terumbu karang di perairan Jemaja. Pasalnya, saat melakukan snockling ditemukan terumbu karang yang berserakan pada kedelaman empat sampai dengan lima meter.

“Terumbu karangnya banyak yang berserakan, kalau dilihat ini karena bom ataupun potasium,” ujar Susi saat bersilahturahmi dengan nelayan tiga Kecamatan, yakni Kecamatan Jemaja, Jemaja Timur dan Jemaja Barat, Jemaja Resort Natural, Kamis (18/7).

Ia mengakui saat tiga hari berada di Anambas kondisi karang yang ada sekitar 40 persen saja.

Ia mengakui memang untuk kondisi laut di Anambas sangatlah indah, namun demikian yang patut disayangkan adalah banyak adalah banyaknya sampah dilaut.

“Daerah ini sangat indah dah luar biasa namun saat berada dipantai sampahnya banyak dan luar biasa,”sesalnya.

Yang tak habis pikir, tambah dia, tidak sampai satu jam membersihkan didapat sekitar 300 KIlo sampah yang berhasil dibersihkan.

“Yang paling banyak itu adalah sampah plastik, botol plastik, sedotan, puntung rokok,” paparnya.

Ia pun mengimbau kepada para nelayan dan masyarakat untuk menjaga laut dan jangan membuang sampah sembarangan demi kelestarian.

“Laut kita harus dijaga, jangan sampai dirusak karena ini sumber daya yang harus dijaga dan dipertahankan,” katanya.

Bahkan Susi mengancam apabila ada yang berani menangkap ikan dengan bom, putas, maka kapal Hongkong tidak akan diperbolehkan masuk. (yud)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed