by

KPU Batam Tunggu PKPU #Menjelang Tahapan Pilkada 2020

BATAM (HK) – Persiapan pelaksanaan Pemilihan Kepalada Daerah (Pilkada) September 2020 mendatang terus dilakukan, diantaranya perencaan kebutuhan dan anggaran. Namun demikian, untuk tahapan pelaksanaan masih menunggu Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU).

“Saat ini kita masih menunggu peraturan KPU untuk tahapan Pilkada 2020,” ujar Ketua KPU Batam, Shahrul Huda ke Haluan Kepri, Rabu (17/7), dijumpai di ruang kerjanya.

Dikatakan, anggaran yang sudah diajukan untuk penyelenggaraan Pilkada 2020 sebesar Rp27,9 miliar. Kebutuhan tersebut mulai dari penyusunan draft, pentahapan, hingga penyelenggaraan pemilihan, penetapan hasil penghitungan sampai selesai.

Dijelaskan Syahrul Huda, bahwa penyelenggaraan Pilkada 2020 dilakukan serentak di sejumlah kabupaten/kota, termasuk Pemilihan Wali Kota (Pilwako) Batam. .

“Saat ini kita masih melihat perubahan, dan peraturan yang diundangkan,” ujarnya.

Menurut perkiraan Syahrul Huda, yang baru saja sukses menyelenggarakan Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 secara serentak, pentahapan pilkada tahun 2020 dimulai pada September 2019.

“Jika pentahapan Pilkada 2020 dimulai, sejumlah kebutuhan seperti logistik dan pantarlih, harus dipenuhi. Yaitu tadi, kita menunggu peraturan diundangkan,” terangnya.

Pada Pilkada 2020 akan datang, ketua KPU Kota Batam berharap jumlah partisipan pemilih meningkat, sebagaimana partisipan pilpres dan pilpres 2019. Termasuk partisipan pemiliha di kota Batam.

“Harapan kita jumlah partisipan pemilih meningkat, secara nasional partisipasi pemilih meningkat,” pungkasnya. (put)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed