by

Menteri KP Ancam Bekukan Izin Kapal Pukat Mayang

ANAMBAS (HK) – Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti mengancam akan membekukan izin kapal Ikan Pukat Mayang yang berani menangkap ikan di bawah empat mil. Pasalnya, penangkapan ikan dibawah empat mil merugikan nelayan dan masyarakat.

Susi juga mengimbau kepada nelayan untuk melaporkan langsung kepada dirinya apabila ada kapal pukat mayang yang berani menangkap ikan di bawah empat mil di perairan Anambas.

“Catat nama kapalnya sms-kan ke saya, maka akan saya bekukan izinnya,” janji Susi di hadapan masyarakat Nelayan Tiga Kecamatan, Resor Jemaja Natural, Kamis (18/7/2019).

Selain kapal pukat mayang, Susi juga menegaskan, agar Bagan harus beroperasi diatas empat mil, hal ini agar ikan masih tetap ada dibibir pantai.

“Kalau bagan beroperasi di bibir pantai, maka habislah nelayan. Mau cari ikan dimana, tentu akan sangat jauh,”jelasnya.

Ia melanjutkan, untuk kapal yang menggunakan Purcane diatas 30 GT itu menangkap ikan harus diatas 12 Mil, untuk ukuran jaringnya harus diatas dua inch.

“Saya mau bapak-bapak terlibat dalam hal ini, apabila ada yang nakal laporkan, kirim sms ke saya,” katanya lagi.

Ia juga tidak mau mendengar lagi ada aktivitas pengeboman, dan penangkapan ikan menggunakan potasium di Anambas.

Sementara itu, Azman dari HNSI mengungkapkan, bahwa banyak kapal pukat mayang yang ada di Anambas, sekitar 50 kapal dan meresahkan masyarakat.

“Jadi tolong bu, kapal ini sudah diingatkan tapi mengindahkan. Ini sangat dikeluhkan oleh masyarakat,” katanya.(yud)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed