by

MPLS Perkuat Karakter Siswa *Kegiatan MPLS DiLakukan SMKN 4 Batam

BATAM (HK) – Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) diterapkan SMKN 4 Batam lebih mengutamakan Pendidikan Penguatan Karakter (PPK) kepada siswa. Kegiatan MPLS di sekolah yang dipimpin Ahmad Tahir ini, dilakukan selama tiga hari diperuntukan siswa yang diterima pada PPDB tahap I. Selanjutnya hari ini, Kamis (18/7), merupakan giliran kegiatan MPLS tahap II bagi siswa baru diterima pada PPDB tahap II dan III.

Menurut Ketua Pelaksana MPLS SMKN 4 Batam, Lugurius Sitanggang SPd, bahwa kegiatan MPLS di sekolahnya dilakukan selama 3 hari, telah dimulai sejak, Senin (15/7) lalu dan berakhir pada Rabu (17/7) kemarin. Sedangkan kegiatan yang diberikan berupa pembentukan karakter siswa. Seperti MPLS hari pertama diisi materi pengenalan lingkungan sekolah dan sosialisasi akan kenakalan remaja mendatangkan pihak Kepolisian, serta sosialisasi bahaya narkoba bersama Badan Narkotika nasional (BNN) Kota Batam, dan juga dilakukan acara penyerahan siswa baru dari orang tua kepada pihak sekolah.

“Kegiatan MPLS yang kita terapkan ini berpedoman pada Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016 lebih kepada pembentukan karakter siswa yang sesuai dari tuntutan dari Kurikulum K-13. Pada kegiatan MPLS ini juga, kita sangat menghindari adanya kekerasan fisik dan perpeloncoan, karena tujuan dari MPLS sendiri lebih menanamkan riligius, jujur, toleran, disiplin, kreatif mandiri, bertanggungjawab, dan semangat kebangsaan,” ujar Lugurius disela-sela kegiatan MPLS hari ketiga di sekolahnya, Rabu (17/7).

Dijelaskannya, untuk kegiatan MPLS di sekolahnya diikuti sebanyak 360 siswa yang diterima pada PPDB tahap I dari berbagai jurusan diterapkan di sekolahnya. Pada MPLS ini pihaknya membagi 12 gugus dipandu langsung guru itu sendiri tanpa melibatkan siswa senior. “Siswa senior hanya perkenalan pengurus OSIS dan PMR saja, semua kegiatan MPLS langsung dibina oleh guru itu sendiri, karena kita ingin penerapan MPLS ini benar-benar membentuk karakter siswa tanpa ada kekerasan fisik atau perpeloncoaan,” jelasnya.

Sementara materi MPLS lainnya berupa pelatihan PBB untuk menanamkan rasa disiplin siswa, serta wawasan kebangsaan mendatangkan Rider Yonif 136, serta menggelar seminar Motivasi Belajar mengundang Redaktur Pendidikan Media Harian Haluan Kepri, Arment Aditya. Sedangkan acara penutupan MPLS ini, dilakukan pada siang hari sekitar pukul 13.00 WIB sekalian penyerahan sertifikat kepada siswa baru secara simbolis.

Selanjutnya usai kegiatan MPLS tahap I, pada hari Kamis (18/7) hingga Sabtu (18/7) akan digelar kembali kegiatan MPLS tahap II bagi siswa baru yang diterima pada PPDB tahap III akan diikuti sebanyak 72 siswa. Meski dirasakan kegiatan MPLS ini cukup menyita waktu, namun ditegaskan Lugurius, bahwa manfaat yang didapatkan siswa dari MPLS ini sangat bagus. “Usai kegiatan MPLS tahap I ini, siswa akan melakukan pembagian kelas dan wali kelas, serta pembagian jurusan. Karena untuk efektif belajar dijadwalkan pada Senin depan,| ucapnya.

Dilain kesempatan Kepala Sekolah SMKN 4 Batam, Ahmad Tahir SPd, mengatakan bahwa siswa yang memiliki berkarakter baik pastinya memilki moral yang tinggi dan secara religi mempunyai iman yang kuat. Maka itulah kata dia, yang menjadi tujuan utama diterapkannya kegiatan MPLS di SMKN 4 Batam yang berlandaskan pembentukan karakter siswa. Ia berharap dari kegiatan MPLS ini dapat membentuk kemandirian siswa, dan memiliki karakter yang baik. (men)

 

Lugurius Sitanggang SPd
Ketua MPLS SMKN 4 Batam

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed