by

Program PLS Kodim 0316 Berlanjut di Blp, Tingkatkan Semangat Nasionalisme dan Raih Prestasi Belajar

BATAM (HK) – Program Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) Kodim 0316 Batam, melalui Koramil dan Babinsa berlanjut di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 02 Belakangpadang, Rabu (16/7).

Danramil 05 Belakangpadang (Blp), Kapten Inf Ridwan Nainggolan, dengan para Babinsa, mengajak siswa-siswi SMAN 02 di Kecamatan Belakangpadang, agar mampu untuk meningkatkan semangat nasionalisme, dan kedisiplinan belajar, agar meraih prestasi dalam menuntut ilmu pengetahuan di sekolah.

“Sehingga bisa menjadi generasi bangsa yang berkualitas serta mumpuni, menerima estafet kepemimpinan negeri ini untuk masa depan Negara Indonesia yang lebih baik serta maju,” imbau Kapten Inf Ridwan Nainggolan, dalam sambutannya di kegiatan PLS di Aula SMAN 02 Blp.

Danramil menjelaskan, dengan kegiatan PLS ini diharapkan dapat menjadi sebuah motivasi bagi semua siswa SMA yang baru bergabung di sekolah ini. Sehingga dapat meningkatkan kualitas kegiatan belajar untuk prestasi yang lebih baik.

“Untuk penerapan motivasi ini, baik di sekolah maupun di rumah. Sebab, dengan belajar yang sungguh sungguh, kita akan bertambah pintar. Sehingga ilmu pengetahuan kita pun menjadi bertambah,” ucap Kapten Ridwan Nainggolan.

Selain itu, imbuhnya, pelihara serta tingkatkan rasa kesetiakawanan antar sesama siswa dan hindari perkelahian sesama pelajar, pergaulan bebas maupun penyalahgunaan narkoba yang sangat membahayakan diri kita.

“Karena itu semua dapat merusak diri sendiri serta menghancurkan massa depan generasi bangsa. Sehingga bangsa kita dengan mudah dikuasai bangsa lain,” ujar Ridwan, didampingi para Babinsa Koramil 05 BLK.

Kemudian, ucapnya, selalu menghormati guru orangtua dan keluarga serta mengikuti semua bimbingan dengan baik, sehingganya memiliki jiwa patriotisme.

“Yang terpenting, selalu tingkatkan Keimanan serta Ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa untuk bisa membentengi diri dengan cara beribadah sesuai agama dan kepercayaan kita masing-masing,” paparnya.

Dalam kegiatan PLS tersebut, Koramil melalui Babinsa setiap kelurahan melakukan pelatihan Upacara Bendera dan Palatihan Baris Berbaris (PBB), yang diikuti sebanyak 147 orang siswa siswi yang baru bergabung di SMAN 02 BLK.

“Pelatihan baris berbaris dan upacara bendera adalah, merupakan sebuah pendidikan mental ideologi. Sehingga memiliki motivasi di dalam belajar dan disiplin diri, yang dibarengi dengan pendidikan wawasan kebangsaan, bela negara dan mental ideologi. Sehingga mejadi motivasi siswa dalam belajar,” tukas Danramil 05 BLK.

Sementara itu Ketua PLS SMAN 02 Blp, Dahri mengungkapkan, kegiatan PLS itu merupakan sebuah program sekolah didalam pengenalan siswa siswi yang baru bergabung.

“Kami berterimakasih kepada bapak Danramil dan jajaran, yang telah membantu kami dalam melatih dan membentuk siswa baru kami agar berdisiplin tinggi, taati aturan sekolah, hormat dan taat kepada seluruh guru,” ucap Dahri.

Menurutnya, dengan kegiatan PLS para siswa siswi yang sudah diterima sebagai pelajar di SMKS ini, dapat mengikuti peraturan sekolah,
terlatih dengan kedisiplinan diri. Sehingganya diharapkan bisa menjadi siswa siswi dengan mengetahui wawasan kebangsaan, maupun bela negara.

“Harapan kami, TNI selalu dapat memberikan materi tentang wawasan kebangsaan, bukan hanya dalam kegiatan PLS saja. Sebab, pihak sekolah selalu menyambut baik kapanpun TNI untuk memberikan materi kepada siswa-siswi kami, dan tulus ikhlas,” katanya. (vnr)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed