by

Semenisasi Dibangun TMMD Tahap Finishing

KARIMUN (HK) – Pengerjaan jalan semenisasi sepanjang 710 meter dan 1 unit gorong-gorong di Desa Pongkar, Kecamatan Tebing, yang dibangun melalui TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 105 oleh Satuan Tugas (Satgas) Kodim 0317/TBK bersama masyarakat setempat, sudah hampir selesai.

Komandan Kodim 0317/TBK, Letkol Arm Rizal Analdie melalui Pasiter Lettu Kav Tatang di lokasi pembangunan jalan semenisasi Kamis (18/7) mengatakan, saat ini Satgas TMMD mulai memperkeras badan jalan dengan aspal curah. Pengerjaan yang dilakukan saat ini sudah memasuki finishing.

“Satgas SSK TMMD Ke 105 Kodim 0317/TBK mulai melakukan finishing terhadap badan jalan semenisasi sepanjang 710 meter dan 1 unit gorong-gorong di Desa Pongkar Kecamatan Tebing. Cepatnya pengerjaan jalan dan gorong-gorong ini karena kebersamaan antara Satgas TMMD dengan masyarakat disana,” ungkap Tatang.

Menurut Tatang, badan jalan yang sudah disemenisasi hanya tinggal diperkeras mengunakan aspal curah. Sebelumnya, masyarakat telah bahu membahu membuka badan jalan hingga melakukan pengerasan sampai pada tahap semenisasi. Setelah semua proses pengerjaan itu rampung, maka sekarang hanya tinggal pnegerasan dengan aspal.

“Kita ingin pengerjaan jalan semenisasi ini memiliki kualitas baik. Untuk pengerjaan aspal curah, tentu yang dipikirkan adalah bagaimana cara menggunakan material aspal dengan efisien, namun tetap menjaga kualitas. Jalan harus berbentuk padat/keras, sehingga jalan dapat lebih tahan untuk digunakan,” tuturnya.

Dijelaskan Tatang, proyek jalan dengan perkerasan fleksibel atau perkerasan yang umumnya menggunakan bahan campuran beraspal sebagai lapis permukaan serta bahan berbutir sebagai lapisan di bawahnya, memerlukan perhitungan yang matang dalam hal kebutuhan aspal.

“Oleh karena itu, sebisa mungkin Satgas SSK TMMD Ke 105 Kodim 0317/TBK hindari kesalahan perhitungan kebutuhan aspal. Untuk menghindari kesalahan perhitungan itu, maka tadi telah turun Tim Asistensi Dinas PUPR Karimun yang memeriksa pengerjaan itu. Hasilnya, pengerjaan jalan sudah sesuai dengan yang direncanakan,” pungkasnya. (ham)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed