JCH Gelombang I dari Batam Sudah Diberangkatkan

JCH Kloter 15 sedang melakukan senam peregangan otot di ruang tunggu Bandara Hang Nadim jelang keberangkatan, Jumat (19/7/2019). (istimewa)

JCH Kloter 15 sedang melakukan senam peregangan otot di ruang tunggu Bandara Hang Nadim jelang keberangkatan, Jumat (19/7/2019). (istimewa)

  • Embarkasi Batam Sudah Berangkatkan 6.701 JCH

Batam (HK) – Seluruh Jamaah Calon Haji (JCH) Embarkasi Batam ‘Gelombang I’ telah diberangkatkan ke tanah suci. Hal itu ditandai dengan berangkatnya Kloter 15 pada Jumat (19/7/2019) pada pukul 09.56 WIB dari Bandara Hang Nadim Batam menuju Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah. Dan besok, Sabtu (20/7/2019) keberangkatan ‘Gelombang II’ dimulai. Gelombang dua, JCH akan diterbangkan menuju Jeddah.

Diketahui, pada musim haji tahun ini, pemberangkatan JCH Embarkasi Batam terbagi dalam dua fase yakni ‘Gelombang I’ Batam – Madinah dari Kloter 1 s.d Kloter 15. Dan, ‘Gelombang II’ Batam – Jeddah untuk Kloter 16 s.d Kloter 29.

Tadi pagi, sebanyak 449 orang JCH yang tergabung dalam Kloter 15 sudah diberangkatkan ke Arab Saudi. Wakil Ketua 1 Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Haji Batam, H.Zulkarnain Umar, melalui Media Center Haji (MCH) menjelaskan, Kloter 15 merupakan gabungan JCH asal dari Kota Pontianak 128 orang, Kabupaten Sambas 310 orang, Kabupaten Kubu Raya 4 orang, Petugas TPHD 2 orang dan Petugas yang menyertai Kloter 5 orang.

“Ada empat JCH masuk ke Kloter 15 atas nama Holiyeh Hojeh Abdullah dan suaminya Saladin Sirajudin Kidin. Halimah Abdullah Muhammad dan suaminya Mochtar Abdul Gani. Keempatnya berasal dari Kloter 13 asal Kabupaten Kubu Raya,” ujarnya.

Sementara itu, dokter Kloter 15, dr.Rabiul Priyantono mengatakan, lebih kurang 75 persen JCH Kloter 15 masuk dalam kategori resiko tinggi (resti) dan jamaah usia lanjut.

“JCH yang menggunakan kursi dorong 14 orang, menggunakan alat bantu tongkat 2 orang. Rata-rata penyakit bawaan jamaah hipertensi, hiperkolesterolemia dan diabetes mellitus,” ungkap dr.Rabiul.

“Insya Allah, kami semua petugas kloter maupun petugas daerah siap melayani jamaah dengan sepenuh hati,” ucapnya lagi.

Pantauan di ruang tunggu Bandara Hang Nadim Batam jelang boarding, JCH Kloter 15 sempat melakukan senam peregangan secara bersama yang dipimpin oleh Tim Kesehatan Kloter. Senam peregangan ini bertujuan untuk melemaskan otot-otot yang kaku dan menghilangkan kepenatan tubuh karena harus berada pada posisi duduk selama sekian jam.

Petugas yang menyertai jamaah Kloter 15, TPHI atau Ketua Kloter adalah Husban Nurudi Fauzan, TPIHI/Pembimbing Ibadah, Qomar Laila Sofwan, TKHI/Dokter Kloter, Rabiul Priyantono Pangestu Koesharyanto, Paramedis, Nengsih Juniarti Syech Noch dan Rodi Arpan Asip.

Selain itu, terdapat juga TPHD/TKHD Tim Pemandu Haji Daerah dan Tim Kesehatan Haji Daerah a.n Mubarak Abdulrahim Mohidin, Miji Ispandi Syahril dan Muhammad Ibnu Khatan.

Dengan berangkatnya Kloter 15, maka Embarkasi Batam sudah memberangkatkan sebanyak 6.701 jamaah.

Dan menurut jadwal, jamaah haji Kloter 15 akan tiba kembali di Tanah Air pada 1 September 2019 pukul 20.15 WIB dengan pesawat Saudia no penerbangan SV 5100.

Sementara itu, berdasarkan jadwal, hari ini, Sabtu (20/7/2019), Kloter 16 akan diberangkatkan ke Tanah Suci pukul 10.00 WIB via Bandara Hang Nadim Batam dengan pesawat Saudia no penerbangan SV 5621 menuju Jeddah. Kloter 15 merupakan JCH asal Kalimantan Barat.

Lalu, besok, Minggu (21/7/2019) sebanyak 445 JCH Asal Kepri yang tergabung dalam Kloter 17 akan diberangkatkan ke tanah suci dengan pesawat Saudia no penerbangan SV 5721 langsung menuju Jeddah.

Sementara itu, sampai kemarin, ada dua orang JCH Embarkasi Batam yang wafat di tanah suci a.n Khairil Abbas bin Salim (62) asal Kota Pekanbaru Riau dari Kloter 02 dan Subli bin Muhammad (64) asal Indragiri Hilir Provinsi Riau dari Kloter 03. Keduanya dimakamkan di Baqi-Madinah. (fhy/r)