by

Lantai Jembatan Mendadak Ambles, BP Kawasan Putus Kontrak

BINTAN (HK) – Lantai jembatan yang baru dibangun PT Bintang Fajar Gemilang di Tanah Merah, Kecamatan Teluk Bintan, mendadak ambles. Proyek dari APBN melalui BP Kawasan FTZ Bintan itu tadinya bertujuan untuk membuka akses dikawasan FTZ Bintan. Pantauan dilapangan, Kamis (18/7), konstruksi yang masih tahap pekerjaan itu ambles, padahal proses pekerjaan belum mencapai 40 persen. Dari kejauhan terlihat konstruksi jembatan itu melengkung dibagian tengahnya.

Anggota bidang sarana dan prasarana BP Kawasan FTZ Bintan, Bayu Wicaksono menjelaskan, kalau pihaknya terpaksa memutus kontrak kerja dengan PT Bintang Fajar Gemilang, selaku kontraktor proyek yang memenangkan tender tersebut. Hal ini dilakukan agar konstruksi yang dibangun tetap kokoh untuk menunjang fasilitas kawasan FTZ di Bintan. “Putus kontrak kerja, karena konstruksinya gagal. Jadi kota hanya bayarkan yang terbangun saja,” ungkap Bayu.

Menurutnya, anggaran yang digunakan untuk menyelesaikan jembatan itu berkisar Rp 10 miliar, namun berdasarkan hasil perhitungan bersama konstruksi yang terbangun hanya layak dibayarkan 30 persen dari nilai kontrak. “Sekitar 30 persenan yang kita bayarkan,” sebutnya.

Saat ini, proyek pekerjaan jembatan Tanah Merah masih berlangsung dengan kontraktor baru yakni CV Bina Mekar Lestari dengan nilai kontrak sebesar Rp 7.395.141.000. Bayu optimis pekerjaan lanjutan ini bisa selesai tepat waktu. “Kemungkinan selesaibpada minggu kedua bulan Desember nanti,” tuturnya. (oxy)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed