by

Belakangpadang Juara Lomba Masak Serba Ikan

BATAM (HK) – Kecamatan Belakangpadang menjadi juara umum pada kegiatan lomba Masak Serba Ikan Tingkat Kota Batam Tahun 2019. Lomba ini diselenggarakan Dinas Perikanan Kota Batam bekerjasama dengan Tim Penggerak (TP) PKK Kota Batam.

Digelar di Universitas Internasional Batam (UIB), lomba dibuka oleh Ketua TP PKK Kota Batam, Marlin Agustina Rudi. Lomba yang dilaksanakan Kamis (19/7) ini mengusung tema “Ragam Menu Masakan Ikan untuk Menyehatkan Masyarakat, Mencegah Stunting dan Mencerdaskan Anak”.

Marlin mengajak kader PKK khususnya ibu rumah tangga untuk menyediakan masakan serba ikan untuk keluarga. Letak geografis Kota Batam sangat mendukung program makan ikan ini untuk diterapkan di masyarakat karena ikan sangat mudah didapatkan.

“Mari kita sukseskan kampanye mengkonsumsi ikan dengan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) untuk mencerdaskan dan menyehatkan masyarakat,” ajak Marlin.

Ikan merupakan bahan baku makanan yang murah, mudah tetapi memiliki kadar gizi, dan vitamin yang tinggi untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan kecerdasan anak. Oleh karena itu gerakan makan ikan harus dikampanyekan agar masyarakat Kota Batam mendapatkan manfaatnya.

Kepala Dinas Perikanan Kota Batam, Husnaini melaporkan kegiatan ini diikuti 12 tim. Tiap tim terdiri dari enam orang. Juri berasal dari beberapa profesional yaitu Perwakilan PKK Kota Batam, Ahli Gizi, Ahli Tata Boga, Chef, dan Dinas Perikanan Kota Batam. Lomba ini dibagi menjadi 3 (tiga) kategori yaitu menu Balita, Menu Keluarga, dan Kudapan dengan bahan baku ikan tenggiri.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan upaya pemerintah untuk mengajak masyarakat mengonsumsi ikan dalam rangka meningkatkan sumber daya masyarakat, menyebarluaskan manfaat-manfaat yang diperoleh dengan mengkonsumsi ikan dan mendukung pemanfaatan ikan.

“Kegiatan ini menjadi salah satu program PKK bersama Dinas Perikanan Kota Batam untuk mendorong menumbuhkan kreatifitas menu makanan berbahan ikan dan diharapkan dapat meningkatkan pendapatan keluarga dengan membuat makanan dari bahan baku ikan,” ujarnya.

Chef Riza salah satu juri menjelaskan bahwa penyelenggaraan kegiatan lomba tahun ini sangat berbeda dengan tahun lalu. Para peserta lebih inovatif dan kreatif baik dalam keragaman menu makanan maupun penyajiannya. (mc)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed