Penyandang Disabilitas Kepri Harus Berdikari

TANJUNGPINANG (HK)- Dinas Sosial Provinsi Kepri mengatakan saat ini penyandang Disabilitas atau masyarakat berkebutuhan khusus di Provinsi Kepri harus bisa berdikari.

Pasalnya, saat ini Pemerintah Provinsi Kepri akan terus mengupayakan pembinaan dan pelatihan kepada penyandang disabilitas tersebut.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Sosial, Doli Boniara di Tanjungpinang, Kamis (18/7).

“Dengan pembinaan, pelatihan hingga sosialisasi ini, kita harapkan penyandang Disabilitas dapat bekerja dan beraktifitas seperti masyarakat lainnya,” ujar Doli.

Untuk itu, kaata Doli, 2019 ini pihaknya fokus dan masih terus melakukan pembinaan dan pelatihan bagi penyandang Disabilitas.

“Saat ini Dinsos Kepri terus berupaya melakukan langkah dalam meningkatkan kemampuan dan keahlian para penyandang Disabilitas,” kata Doli.

Doli menyadari bahwa monitoring dan bantuan yang diberikan Pemerintah Provinsi Kepri saat ini belum maksimal.

“Namun, kita terus melakukan upaya untuk mendata para penyandang Disabilitas melalui aplikasi ‘si Kopi’ agar nantinya dengan data yang ada Pemerintah Provinsi Kepri memberikan bantuan khususnya pelatihan dan pembinaan,” kata dia.

Doli juga memastikan bahwa penganggaran dan alokasi yang dianggarkan Dinsos Kepri pada alokasi APBD P 2019 dan APBD 2020 masih berkelanjutan untuk program pelatihan dan pembinaan serta sosialisasi kepada Disabilitas.(efr)