by

Pemerintah BID Cluster 1 2019

NATUNA (HK)- Bursa Inovasi Desa (BID) bertujuan untuk membantu desa dalam meningkatkan kualitas pembangunan, melalui pertukaran pengetahuan kegiatan yang inovatif, untuk memberi inspirasi dan alternatif pilihan bagi pembangunan desa.

Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni Suprapti mengajak kepala desa se-Kabupaten Natuna untuk melakukan inovasi sesuai dengan potensi desa masing-masing.

“Kita ingin dengan digelarnya BID tersebut bisa menjadi ajang pertukaran ide-ide kreatif dalam pembangunan desa, bukan ajang pameran dalam bentuk barang yang dipamerkan adalah ide-ide kreatif yang lahir dan berkembang di desa-desa,” kata Ngesti ketika membuka acara pelaksanaan BID Cluster l Pemkab Natuna tahun 2019 yang digelar di Gedung Sri Serindit, Ranai, Sabtu (20/7).

Ia berharap melalui kegiatan ini para kades mampu memicu inovasi desa yang sesuai dengan kondisi wilayah, potensi sumber daya alam dan ekonomi desa.

“Kita harapkan kepada kepala desa untuk dapat mereplikasi atau meniru praktek cerdas/inovasi yang ditampilkan dalam Bursa Inovasi Desa ini sesuai dengan kondisi dan potensi desa,” harapnya.

Sementara selaku Ketua Tim Inovasi Kabupaten Natuna, yang juga kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Natuna, Anrizal Zen, menyampaikan bahwa dana desa sangat bermanfaat bagi pembangunan desa.

Berdasarkan hasil evaluasi pemerintah terhadap pembangunan di desa saat ini perlu adanya upaya transisi peningkatan, upaya untuk meningkatkan SDM yang handal.

“Selama ini kita fokus kepada infrastruktur. Tahun depan kita akan fokus kepada SDM dan peningkatan perekonomian masyarakat,” ungkapnya.

Acara itu juga dihadiri beberapa OPD dan para Camat di lingkungan Pemkab Natuna dan peserta bursa inovasi Cluster I, Kabupaten Natuna tahun 2019 serta tamu undangan lainnya.(fat)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed