Kepala BPS RI Resmikan Kantor BPS Anambas

KEPALA Badan Pusat Statistik (BPS) Republik Indonesia (RI) Dr Kecuk Suhariyanto memotong pita.Foto:Yudi/Haluan Kepri

ANAMBAS(HK)-Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Republik Indonesia (RI) Dr Kecuk Suhariyanto meresmikan Kantor Badan Pusat Statistik Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA), Selasa (23/7).

Peresmian tersebut ditandai pemotongan pita, dilanjutkan dengan tepung tawar, kemudian kepala BPS meninjau sejumlah ruang dikantor baru tersebut.

Ada yang menarik pada peresmian tersebut yakni terungkap bahwa sebelum menempati kantor baru, BPS Anambas sempat mengontrak selama 9 tahun.

Kepala BPS RI Suhariyanto mengatakan, tugas utama dari BPS adalah mengumpulkan data statistik dasar, dan tidak semua data dikumpulkan.

Kepala BPS berpesan kepada Kepala dan Staf BPS Anambas untuk memanfaatkan kantor yang baru untuk berkerja dengan sebaik-baiknya dan dengan menyiapkan data yang baik.

“Manfaatkan kantor ini dengan menyiapkan data-data yang baik bagi masyarakat,” ujarnya.

Ia juga mengapresiasi pemerintah daerah KKA yang selalu melibatkan BPS menjadi narasumber dalam sejumlah kegiatan.

“Bahkan saat survei statistik PTT diperbolehkan oleh kepala OPD untuk membantu dengan memberikan dispensasi,” ujarnya.

Ia mengaku, bahwa kunjungan ke Anambas merupakan yang kedua, dan terkejut dengan perubahannya saat ini, tentu membawa kegembiraan.

Pada kesempatan itu ia menyampaikan, pada tahun 2020 BPS akan melaksanakan Sensus penduduk ke 7 dan akan berkerja sama dengan kementrian dalam negeri, yang akan dimulai pada bulan Maret.

Sementara itu Zulkipli Kepala BPS Provinsi Kepri mengatakan, bahwa untuk menjadikan kantor BPS Anambas butuh waktu yang panjang yakni 9 tahun, dan itu bukan waktu yang pendek.

“Sebelum adanya kantor baru ini BPS sempat menyewa selama 9 tahun mengontrak sebelum memiliki kantor,” paparnya.

Sementara itu Wakil Bupati KKA Wan Zuhendra mengapresiasi kedatangan Kepala BPS RI ke Anambas dan mudah-mudahan dapat membawa berkah.

“Kunjungan Kepala BPS ini diharapkan mampu membawa berkah bagi kemajuan Anambas,” katanya.(yud)

(Visited 31 times, 1 visits today)