Tumbuhkan Semangat Belajar Siswa

KEGIATAN MPLS - Plt Kepala Sekolah SMAN 26 Batam, Midiyanto SPd MM, sedang membuka kegiatan MPLS hari pertama, Senin (22/7). Kegiatan MPLS di sekolah baru berdiri ini akan berlangsung selama tiga hari yang diisi dengan berbagai materi yang lebih berorentasi pada penguatan karakter siswa. IST

BATAM (HK) – Hari pertama Masa Perkenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMAN 26 Batam diisi dengan seminar Motivasi Belajar dengan mengdatangkan narasumber Redaktur Haluan Kepri, Arment Aditya, Senin (22/7). Kegiatan MPLS ini diikuti sekitar 19 siswa baru yang dibuka langsung Plt Kepala Sekolah SMAN 26 Batam, Midiyanto SPd MM.

Saat membuka kegiatan MPLS, Midiyanto juga memberikan motivasi kepada peserta MPLS. Ia meyakinkan kepada siswa, kalau bersekolah di SMAN 26 juga bisa berprestasi yang terpenting memiliki motivasi belajar yang tinggi dan disiplin dalam belajar.
“Jangan merasa minder anak bapak bersekolah di SMAN 26 Batam karena masih numpang di sekolah lain. Justru hal ini harus dijadikan penyemangat belajar bahwa kalian mampu berprestasi. Karena kalian masuk ke SMAN 26 Batam ini bukan karena nilai kalian kurang , melainkan dikarenakan tempat tinggal kalian tidak masuk dalam radius zonasi sekolah saat kemarin mendaftar pada sekolah yang kalian tuju,” ujar Midiyanto.

Untuk membakar semangat siswa, Midiyanto juga menegaskan, bahwa menjadi siswa berprestasi itu bukan dikarenakan memiliki guru yang hebat dan sarana sekolah yang lengkap semata. Namun lebih dari itu yang paling penting adalah, kata dia, motivasi belajar yang kuat dimiliki oleh siswa itu sendiri.

“Meski gurunya hebat-hebat dan sarana sekolahnya lengkap, tapi kalau motivasi belajar siswanya lemah tak ada gunanya. Beda dengan sarana sekolah terbatas, tapi motivasi belajar siswanya kuat, pasti akan membuahkan siswa itu berprestasi, karena kekurangan sarana itu biasa disiasati,” jelas Midiyanto membuat para peserta MPLS jadi bersemangat.

Midiyanto juga menyarankan agar para siswa nanti setiap lomba akademik dan non akademik selalu tampil ikut bersaing dengan siswa dari sekolah lain. Karena soal menang atau tidaknya adalah urusan kedua. “Yang terpenting nanti anak-anak bapak harus selalu ikut serta dalam setiap lomba baik akademik maupun nonakademik, agar nanti terasah mental dan jiwa bertandingnya. Soal menang atau tidak bagi bapak sendiri bukan yang utama. Karena kalau mental dan spirit bertanding telah teasah dengan baik, niscaya juara sudah ditangan anak bapak semua,” katanya.

Sementara narasumber Arment Aditya, lebih banyak mengupas tips dan trik dalam motivasi belajar. Selain materi yang disughkan, juga diselingi dengan beberapa tayangan video inspiratif tentang mengisahkan siswa berprestasi. Materi MPLS lainnya berupa pengenalan lingkungan sekolah, Kurikulum diterapkan di SMA, termasuk tata tertib sekolah.

Kegiatan MPLS ini berlangsung dari pukul 13.00 WIB dan berakhir hingga 17.00 WIB melibatkan sejumlah guru dari SMAN 3 Batam dan dibantu pengurus OSIS SMAN 3 Batam. Sedangan konsep materi MPLS lebih kepada penguatan pendidikan karekater, dan menghindari adanya kekerasan fisik dan perpeloncoan, serta tugas tidak memberatkan siswa agar siswa lebih enjoy mengikuti kegiatan MPLS tersebut. (mem)


Midiyanto SPd MM
Plt Kepsek SMAN 26 Batam

 

(Visited 31 times, 1 visits today)