by

Kapolres Karimun Himbau Warga, Bijak Gunakan Medsos

KARIMUN (HK)-Kapolres Karimun AKBP Hengky Pramudya meminta kepada masyarakat Karimun agar bijak menggunakan media sosial (medsos) seperti Facebook, WhatsApp atau medsos lainnya. Sebab, beberapa hari ini banyak muncul isu tentang maraknya penjambretan di Karimun yang disebar di medsos. Setelah ditelusuri ternyata informasi itu tidak benar.

“Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat Karimun agar bijak menggunakan medsos. Saya melihat ada beberapa pihak yang dengan sengaja menyebarkan informasi tidak benar tentang adanya aksi penjambretan di beberapa lokasi di Karimun. Setelah kami telusuri, ternyata kejadian itu tidak ada,” ungkap Hengky ketika menghubungi Haluan Kepri, Jumat (26/7) sore.

Kata Hengky, pihaknya sudah mendeteksi beberapa pihak yang dengan sengaja menyebar berita tidak benar atau kabar bohong di media sosial. Kabar bohong itu telah menyebabkan keresahan di tengah-tengah masyarakat Karimun. Kapolres mewanti-wanti agar pihak tersebut segera menghentikan aksinya.

“Kami sudah menelusuri informasi yang menyebar di media sosial itu. Kami juga sudah mendeteksi siapa-siapa saja pelaku penyebar berita bohong tersebut. Saya meminta kepada penyebar berita itu agar segera berhenti. Sebab, aksinya itu bisa dijerat dengan undang-undang ITE,” terang Hengky.

Kapolres mengatakan, dirinya sudah mengantongi identitas penyebar berita bohong itu. Dia bersama anggota di lapangan masih memperlajari motif dari pihak-pihak yang sengaja menyebarkan berita bohong ke tengah masyarakat. Kalau ke depan aksi itu masih berlanjut, maka dirinya tak segan-segan mendatangi pelaku.

‘Intinya, kami meminta kepada pihak-pihak yang apabila dengan sengaja menimbulkan keresahan di tengah-tengah masyarakat, maka segeralah hentikan. Sebab, karena ulah mereka Karimun yang sudah kondusif jadi terganggung. Kalau aksi masih berlanjut, maka ada aturan hukum yang akan menjerat mereka,” tegasnya.

Hengky juga meminta kepada masyarakat agar jangan mudah terprovokasi dengan isu atau berita bohong yang belum tentu ada kebenarannya. Kalau ada informasi tentang suatu kejadian, maka segeralah melapor kepada polisi. Biar polisi segera menindak lanjuti laporan itu sesuai dengan mekanismenya.(ham)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed