by

1.592 KTP-el Antre Cetak di Batuampar

BATAM (HK) – Camat Batuampar, Tukijan mengatakan permohonan pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) mengalami peningkatan semenjak pasca Lebaran Idul Fitri. Sementara saat ini blanko KTP-el di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Batam tengah kosong.

Pihsknya mencatat, hingga saat ini ada 1.592 permohon KTP-el yang sudah digister dan menunggu dicetak, namun apa daya blanko untuk melakukan proses pencetakan sedang kosong.

“Kalau mesin cetak hingga saat ini tidak ada masalah, hanya saja blangkonya yang tidak ada alias kosong,” ugnkap Tukijan ke awak media, Jumat (26/7).

Dari jumlah tersebut di atas, lanjutnya, kebanyakan adalah pembuatan baru, kemudian perpanjagan KTP yang sudah habis masa berlakunya, hingga perpindahan alamat.

Dijelaskan Tukijan, meningkatnya jumlah permohon KTP itu berasal dari berbagai kalangan, diantaranya yaitu dari anak-anak yang telah menyelesaikan sekolahnya dari tingkat SMA atau SMK sederajat.

Selain itu juga dikarenakan saat ini di Kecamatan Batuampar beberapa perusahaan sudah mulai melakukan rekrutmen tenaga kerja, seperti PT McDermott, PT Profab dan PT Siemens, sehingga Masyarakat banyak yang pindah ke Kelurahan Tanjung Sengkuang dan Batu Merah Kecamatan Batuampar.

Dalam pencetakan KTP itu akan didahulukan dulu bagi orang yang sangat membutuhkan atau yang urgent. Contohnya adalah para pengusaha yang bolak balik Singapur dan Malaysia yang KTP nya sudah kadaluarsa, karena orang Imigrasi tidak mau menerima kalau KTP itu sudah habis masa berlakunya.

“Hal itu diutamakan karena para pengusaha itu tidak boleh dihambat dalam melakukan usahanya, sebab jika usahanya lancar maka income nya adalah bagi pemerintah juga,” ungkapnya.

Lanjutnya, jatah blangko untuk Kecamatan Batu Ampar pada tiga bulan yang lalu dapat 500 keping dan semuanya itu sudah habis. Jatah itu tidak menentu jika banyak dapat untuk Kota Batam dari pemerintah pusat akan banyak juga didapatkan oleh untuk masing-masing Kecamatan.

“Saat ini KTP yang sudah dicetak namun belum diambil oleh pemiliknya juga ada, yaitu sekitar seribu keping KTP dan diharapakna bagi KTP nya yang sudah dicetak itu agar segera diambil ke kantor Camat,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Batam, Said Khaidar mengatakan bahwa saat ini blangko KTP el itu sedang dalam proses penjemputan ke Jakarta.

“Masih dalam penjemputan ke Jakarta, mungkin senin besok sudah datang,” ujar Said Khaidar saat dikonfirmasi melalui pesan Whatsappnya. (Cw64)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed