by

PT Austin–BPJS TK Lindungi Pekerja Rentan

BATAM (HK) – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS-TK) Batam Nagoya bersama PT Austin Engineering Batam melindungi 195 pekerja rentan, melalui Program Gerakan Nasional (GN) Lingkaran BPJS Ketenagakerjaan.

Perlindungan ini ditandai dengan penyerahan kartu BPJS-TK secara simbolis kepada empat nelayan yang merupkan pekerja rentan, Jumat (26/7), di kantor BPJS Ketenagakerjaan Batam Nagoya. Yang diserahkan langsung oleh Kadisnaker Kota Batam Rudi Sakyakirti, perwakilan PT Austin Endah Emelia Bayhaki dan Kepala BPJS TK Batam Nagoya, Surya Rizal.

Perlindungan yang dimaksudkan, dimana PT Austin menanggung pembayaran premi terhadap 195 nelayan yang berlokasi di sekitaran perusahaan, melalui skema dana Corporate Social Responsibility (CSR).

Dalam kesempatan itu, Walikota Batam Muhammad Rudi melalui Kadisnaker Batam, Rudi Syakiyakirti menyambut baik dan mendukung kegiatan yang digagas oleh BPJS Ketenagakerjaan tersebut.

“Dengan adanya sinergitas antara BPJS Ketenagakerjaan, Pemerintah dan Perusahaan di kota Batam dalam kegiatan Gerakan Nasional Lingkaran akan memberikan dampak postif terhadap perkembangan sektor tenaga kerja,” ungkapnya

Rudi juga mengharapkan bagi perusahan–perusahan lainya bisa mengalokasikan sebagian dana CSR nya untuk disalurkan ke dalam program GN Lingkaran, sehingga dapat mengurangi sedikit banyaknya beban tugas pemerintah dalam memberikan kesejahteraan khususnya bagi masyarakat pekerja di kota Batam.

Perwakilan pihak PT Austin Engineering, Endah Emelia Bayhaki mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kegiatan kepedulian social atau Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT PT Austin Engineering Batam kepada lingkungan sekitar khususnya bagi para pekerja.

“Dengan mendaftarkan para pekerja tersebut kedalam Program Jaminan Kematian (JKM) dan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), kita berharap para pekerja rentan tersebut bisa mendapatkan perlindungan dari resiko sosial selama tiga bulan kedepan, sehingga kedepannya para pekerja tersebut akan menyadari pentingnya jaminan sosial bagi kesejahteraan mereka,” terangnya.

“Terlebih para pekerja tersebut, merupakan para nelayan yang memiliki resiko pekerjaan yang cukup tinggi, sehingga dengan perlindungan dari BPJS Ketenagakerjaan bisa memberikan rasa aman saat mereka melaut” tambah (Perwakilan pihak PT. Austin Engineering)

Sementara itu, Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Batam Nagoya, Surya Rizal mengatakan program GN Lingkaran merupakan inovasi sosial dari BPJS Ketenagakerjaan yang bertujuan untuk membantu perlindungan pekerja rentan melalui donasi pembayaran iuran jaminan sosial ketenagakerjaan dari dana CSR perusahaan-perusahaan atau sumbangan individual.

“Pekerja rentan sebagian besar merupakan pekerja informal dengan penghasilan harian yang hanya cukup untuk membiayai kebutuhan hidupnya saja. oleh karena itu, dengan adanya GN Lingkaran ini, bisa membantu para pekerja rentan untuk mendapatkan perlindungan jaminan sosial dari BPJS Ketenagakerjaan,” ungkap Surya

Ia juga berharap agar program ini bisa ini menjadi solusi bagi banyak perusahaan – perusahaan besar untuk menyalurkan dana CSR ke arah yang lebih bermanfaat, terlebih GN Lingkaran ini mencerminkan implementasi prinsip gotong royong untuk saling peduli dan melindungi satu sama lainya.

“Pihak BPJS Ketenagakerjaan akan terus membuka kesempatan dan mengajak perusahaan-perusahaan untuk bisa menyalurkan bantuan dana CSR mereka melalui program GN Lingkaran, agar nantinya semua pekerja Indonesia baik itu formal dan informal akan memiliki jaminan sosial kesejahteraan bagi seluruh pekerja”, tutupnya. (r/ays)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed