by

Wawako Pariaman “Cibuak Sanak Kamanakan” di Batam

  • IKKP Batam Harus Selalu Kompak dan Solid

BATAM (HK) – Wakil Walikota Pariaman, Drs. Mardison Mahyuddin, MA, datang “mancibuak” dan bersilaturahmi dengan saudara (sanak jo kamanakan) yang ada di Kota Batam, Jumat (26/07) malam di Kafe Karimun, Bengkong.

Didampingi sejumlah SKPD, Wawako sengaja mendatangi dan mengajak bertemu serta bersilaturahmi dengan segenap Warga Ikatan Keluarga Kota Pariaman (IKKP) Batam.

Dalam kesempatan itu, Wawako Pariaman mengatakan, kedatangannya ke Batam dalam rangka dinas. Namun, karena di Batam ini ada saudara (sanak dan kemenakan), maka disempatkan untuk melihat serta mengetahui keadaannya.

“Sekali mendayung perahu, ada dua, tiga pulau terlampaui. Artinya apa? Kebetulan bertugas di Batam, terjenguk juga anak kemenakan dan saudara di Batam. ‘Mancibuak istilah awak e..’” Khususnya kepada organisasi IKKP Batam ini,” ungkap Mardison Mahyuddin.

Menurutnya, keberadaan organisasi kemasyarakatan IKKP Batam harus bisa menjadi perekat kekeluargaan seluruh masyarakat IKKP.

“Tetap menjaga kekompakan, kebersamaan serta kepedulian. Sehingga, terjalin silaturahmi yang kokoh antarmasyarakat Minang di perantauan,” ucap Mardison.

“Jaga marwah Minang dengan menjaga petuah ayah bunda, petuah niniak mamak dan amanah alim ulama, untuk menjaga diri dalam mencari nafkah dan kehidupan,” kata Wawako.

“Saat bertemu Wawako Batam, Amsakar Achmad, selaku saudara, saya juga menitipkan warga IKKP yang ada di Batam, agar dapat dibantu dalam segala urusannya dengan baik,” terang Wakil Walikota Pariaman.

Harapannya, ucap Mardison, jika ada permasalahan bisa terselesaikan dengan baik.

“Untuk itu, semua warga IKKP Batam khususnya serta Masyarakat Pariaman pada umumnya, dapat mendukung program pemerintah Kota Batam ini,” ujarnya melanjutkan.

“Hal itu dapat pula menjadi sarana untuk menjalin kemitraan yang kokoh antar pemimpin daerah dengan masyarakat. Khususnya di warga IKKP Batam ini,” jelas Mardison menambahkan.

Sementara itu, Ketua IKKP Batam, Arisman Chaniago, mengungkapkan rasa haru dan bangga kehadiran Wawako Pariaman yang telah berkenan melihat anak kemenakan di perantauan.

“Kami warga IKKP Batam sangat berterima kasih, senang, serta bangga pada Wawako Pariaman beserta jajaran OPD Kota Pariaman, atas kunjungan dan silaturahmi ini. Ini bisa menjadi memotivasi kami untuk lebih kompak, solid dan kokoh,” kata pria yang biasa disapa Oyong Chaniago.

Senada, Ketua Gempar Batam, Soni Piliang menyampaikan, ia berharap kedepannya warga IKKP Batam menjadi lebih kompak dan peduli terhadap sesama di perantauan.

“Artinya, dalam segala program pemerintah itu kita harus mendukung dengan kemitraan yang baik. Sehingga, IKKP Batam bisa memiliki peran di tengah masyarakat Batam,” ungkap Soni.

“Kinilah saatnya, kita bangkit dan bersatu atas dorongan dan motivasi oleh para pemimpin kita yang jauh-jauh datang dari Kota Pariaman,” tegasnya.

Selaku ketua Gempar Batam, tambahnya, tidak ada lagi istilah gigi mundur.

“Yang ada hanya gigi maju dan tancap gas. Artinya kita harus komitmen, solid dan saling mendukung sesama kita, khususnya di IKKP Batam,” ujarnya lagi.

Sedangkan penasehat IKKP Batam, Joni Anwar, berharap warga IKKP di Batam dapat satukan visi dan misi untuk meningkatkan kebersamaan, kekompakan, dan kesolidan.

“Kekuatan kita adalah kekompakan. Sebagai masyarakat Minang di perantaruan, kita harus bersatu agar lebih disegani maupun dihormati,” kata Joni Anwar.

“Ibarat sapu lidi, kalau sebatang lidi tidak bisa berbuat banyak. Namun, jika sudah bergabung serta disatukan dengan “tali silaturahmi” yang kokoh, tentunya semua perhelatan beserta permasalahan bisa diselesaikan dengan baik,” tutur Kepala Kantor Karantina Kota Batam ini. (nov)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed