by

Kades Harus Berinovasi Kembangkan Potensi Desa

ANAMBAS (HK) – Kepala Desa (Kades) diajak untuk membuka cakrawala dalam berpikir mengembangkan potensi yang ada didesanya. Hal ini dilakukan karena potensi antara desa satu dengan yang lain berbeda.

Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) Abdul Haris, SH mengatakan, Anambas merupakan daerah yang banyak memiliki potensi, dan setiap desa memiliki potensi yang berbeda-berbeda,

“Agar potensi ini dapat digali, maka Kades harus dapat membuka cakrawala berpikirnya,” ujar Bupati saat membuka acara Bursa Inovasi Desa di Balai Pertemuan Masyarakat Siantan (BPMS), Sabtu (27/7/2019).

Ia mengingatkan Kades untuk tidak terbuai dengan banyaknya anggaran yang ada saat ini. Namun, harus membaca perkembangan zaman, karena waktu bergerak dengan cepat.

Lebih jauh ia mengungkapkan, inovasi mengajak berpikir bagaimana merubah dari yang biasa-biasa saja menjadi luar biasa.

“Jangan bangga membangun jalan, gang, gedung namun masyarakat susah dalam kehidupannya, hal ini perlu dipikirkan,”jelasnya.

Desa tambah dia, harus mandiri dengan mengoptimalkan penghasilan desa untuk membangun desa, jangan terpaku, hidupkan BUMDes.

“Kades di Anambas banyak yang muda-muda, memiliki pikiran yang maju. Para Kades ini harus berinovasi dan buktikan kepada masyarakat bahwa desa tidak bergantung dengan anggaran pusat dan anggaran daerah,”tuturnya.

Pada kesempatan itu ia menyampaikan kepada peserta yang hadir, bahwa selama masa hampir lima tahun kepemimpinan, telah ratusan Milliar anggaran turun ke desa. Jika diestimasikan Dana Desa dari pusat sebesar Rp187 Milliar, ADD Kabupaten sebesar Rp203 Milliar, pajak dan retribusi sebesar Rp6Milliar.

“Total anggaran yang dikucurkan selama hampir lima tahun mencapai Rp397 miliar,” katanya. (yud)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed