Warga dan Satgas TMMD Goro Bangun Jalan Baru

WARGA dan Satgas TMMD 105 gotong royong membangun jalan baru di Kelurahan Pasirpanjang. Foto:Ilham/Haluan Kepri

KARIMUN (HK)-Semangat gotong royong antara TNI dan rakyat terlihat jelas pada saat pembangunan jalan baru sepanjang 1.198 meter sebagai jalan penghubung ke Teluk Setimbul, Kelurahan Pasirpanjang, Kecamatan Meral Barat. Dibawah terik matahari, masyarakat dan TNI bahu membahu membangun jalan alternatif di daerah itu.

Pembangunan jalan melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 105 itu sudah mencapai 80 persen. Pembukaan jalan baru dengan membabat hutan, lahan gambut dan perkebunan milik warga itu menggunakan alat berat eskavator. Bahan jalan itu diambil dari penggalian gorong-gorong disisi kiri dan kanan jalan ditambah penimbunan tanah merah.

“Pembangunan jalan baru di Kelurahan Pasirpanjang, Kecamatan Meral Barat jika dilihat berdasarkan RAB nya sudah mencapai 100 persen. Penimbunan jalan itu diambil dari galian gorong-gorong yang berasal dari kiri-kanan jalan. Namun, karena dilihat hasilnya kurang bagus, maka harus dirapikan lagi menggunakan tanah merah,” ungkap Dandim 0317/TBK, Letkol Arm Rizal Analdie.

Penjelasan itu disampaikan Dandim kepada Wakil Komandan Pusat Teritorial TNI Angkatan Darat (Wadan Pusterad) yang menjadi Ketua Tim Pengawasan dan Evaluasi TNI AD, Brigjen TNI Joko Warsito dan Bupati Karimun Aunur Rafiq saat pemaparan progres TMMD 105 di Balai Desa Pongkar, Kecamatan Tebing.

“Pembukaan jalan baru sebenarnya cukup dengan hanya menimbun menggunakan material hasil penggalian gorong-gorong di sisi kiri dan kanan jalan itu saja. Namun, ketika penimbunan menggunakan tanah tidak terlihat rapi, maka perlu dirapikan menggunakan tanah merah. Kalau tidak rapi, nanti Pak Bupati bisa marah sama saya,” ungkap Rizal Analdie sambil berseloroh.

Rizal Analdie menjelaskan, dirinya ingin seluruh pengerjaan fisik baik itu semenisasi jalan di Desa Pongkar, Kecamatan Tebing maupun Kelurahan Pasirpanjang, Kecamatan Meral Barat selesai dengan baik dan rapi. Sebab, pengerjaan seluruh kegiatan itu dibantu oleh Pemkab Karimun menggunakan dana hibah sebesar Rp,16 miliar.

Sementara, Kepala Seksi Teritorial Kodim 0317/TBK, Lettu Kav Tatang yang berada di lokasi pengerjaan jalan baru tersebut mengatakan, segenap elemen masyarakat mulai dari perangkat RT dan RW setempat bersama Satuan Tugas TMMD 105 terjun langsung ke lokasi pembukaan jalan baru tersebut.

“Pembukaan jalan baru dan penimbunannya oleh satgas sudah mencapai 80%. Semangat kebersamaan TNI dan Rakyat ini adalah bukti mendukung penuh perintah Dandim 0317/TBK selaku Dansatgas TMMD 105 untuk melaksanakan percepatan pembangunan sasaran fisik yang dilaksanakan di Kabupaten Karimun,” ujar Tatang.(ham)

(Visited 19 times, 1 visits today)