Jajaran Kanwil Kemenag Kepri Laksanakan Shalat Gaib

Jajaran Kanwil Kemenag Kepri menggelar salat gaib atas wafatnya KH Maimoen Zubair. (istimewa)

Jajaran Kanwil Kemenag Kepri menggelar salat gaib atas wafatnya KH Maimoen Zubair. (istimewa)

  • Wafatnya KH Maimoen Zubair

Jajaran Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Kepri menggelar salat gaib atas wafatnya KH Maimoen Zubair. Hal itu dilakukan atas instruksi Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin kepada seluruh Kanwil Kemenag Provinsi se Indonesia.

Shalat gaib itu dilaksanakan di Masjid Al Khaif Komplek Kanwil Kemenag Kepri, jalan Daeng Kemboja Km. 15 Tanjungpinang, Rabu (7/8/2019) sesudah shalat Sunnah Dhuha. Shalat dipimpin oleh H. Jangga Hasibuan yang diakhiri dengan doa untuk Almarhum.

Sebelumnya, saat memimpin apel pagi, Kabag Tata Usaha Kanwil Kemenag Kepri H. Abu Sufyan mengatakan KH Maimun Zubair atau Mbah Moen dikenal sebagai ulama yang menyejukkan. Selain sebagai pengasuh pondok pesantren, Mbah Moen dikenal sebagai tokoh bangsa.

“Banyak sumbangsihnya untuk bangsa ini, seorang tokoh dan ulama yang sangat cinta NKRI. Tentunya kita semua merasa kehilangan tokoh besar dan berharap agar akan ada lagi tokoh kharismatik seperti almarhum,” kata Abu Sufyan.

KH Maimun Zubair atau Mbah Moen lahir di Rembang, Jawa Tengah, 28 Oktober 1928 dan wafat pada 6 Agustus 2019 di Mekkah, Arab Saudi. Selain sebagai pimpinan Pondok Pesantren Al-Anwar Sarang, Rembang, Mbah Moen juga dikenal sebagai ketua majelis syariah Partai Persatuan Pembangunan.

Pendidikan Mbah Moen dimulai di Pesantren Lirboyo, Kediri. Lalu melanjutkan pendidikan di Mekkah, Arab Saudi berguru pada Syaikh Saíd Al-Yamani serta Syaikh Hasan Al-Yamani Al-Makky. Karya Mbah Moen yang banyak dipakai di pesantren berupa kitab berjudul Al-Ulama Al-Mujaddidun. (r)

(Visited 17 times, 1 visits today)