JCH Embarkasi Batam Bersiap Jelang Armina

Petugas Kloter Embarkasi Batam tengah melakukan sosialisasi PHBS kepada para jamaah di hotel tempat menginap. (istimewa)

Petugas Kloter Embarkasi Batam tengah melakukan sosialisasi PHBS kepada para jamaah di hotel tempat menginap. (istimewa)

Batam (HK) – Seluruh Jamaah Calon Haji (JCH) Embarkasi Batam, saat ini tengah bersiap untuk melaksanakan wukuf di Arafah. Jamaah sedang mempersiapkan diri untuk pelaksanaan tahapan ibadah di Arafah, Muzdalifah, dan juga Mina (Armina) yang menjadi puncak ibadah haji bersama jutaan jamaah dari seluruh dunia.

Kabid Informasi dan Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Batam, Syahbudi, S.Kom, mengatakan, saat ini, seluruh pembimbing ibadah tengah memberikan ilmu manasik dan tentang kesehatan, serta melakukan sosialisasi soal Alat Pelindung Diri (APD) dan bagaimana Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada jamaah.

“Ini sangat penting. Dan ini merupakan waktu puncaknya pelaksanaan ibadah haji. Karena itu, seluruh jamaah diharapkan benar-benar siap, terutama fisik dan mental. Dalam sosialisasi ini, jamah selalu diingatkan untuk banyak minum air putih,” ucap Syahbudi, Rabu (7/8/2019).

“Jamaah yang termasuk dalam golongan resiko tinggi sangat diharapkan benar-benar memahami hal ini,” tambahnya lagi.

Disampaikannya juga, selain melakukan sosialisasi dan memberikan ilmu manasik, seluruh petugas kloter dari Embarkasi Batam juga sudah melakukan survei lokasi wukuf di Arafah dan penempatan jamaah di Mina nanti.

“Kita berdoa, semoga seluruh jamaah dari Embarkasi Batam sehat dapat melaksanakan ibadah di Armina tanpa ada kendala. Insya Allah, semua menjadi haji mabrur,” harap Syahbudi.

Diketahui, seluruh kloter dari Embarkasi Batam sudah diberangkatkan ke Arab Saudi dengan jumlah 12.944 Jamaah Calon Haji (JCH). Mereka adalah dari Kepri 1.502 jamaah, Riau 5.386 orang, Jambi 3.296 jamaah, dan Kalimantan Barat 2.760 orang. Semuanya dibagi dalam 29 Kloter.

Menurut jadwal, proses kepulangan jamaah haji Embarkasi Batam dimulai pada 18 Agustus 2019 mendatang. Kloter 1 yang merupakan jamaah asal Kepri diperkirakan tiba sekitar pukul 11.45 WIB dengan pesawat Saudi Arabian Airlines no penerbangan SV 5700. Lalu, malamnya, sekitar pukul 20.15 WIB, pesawat Saudi Arabian Airlines no penerbangan SV 5100 yang membawa Kloter 2 akan landing di Bandara Hang Nadim, Batam. Kloter 2 merupakan jamaah asal Riau. (fhy)

(Visited 25 times, 1 visits today)