Muttaqin Yaser Dipastikan Duduk Kembali

Komisioner KPU Bintan, Rusdel. (okyalexander/haluankepri.com)

Komisioner KPU Bintan, Rusdel. (okyalexander/haluankepri.com)

  • Pasca Pembacaan Putusan MK

BINTAN (HK) – Pasca hakim Mahkamah Konstitusi (MK) membacakan putusan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) untuk hasil pemilihan DPRD Bintan pada, Selasa (6/7/2019) sore kemarin. Dipastikan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mendapatkan 1 kursi di dapil 3 Bintan Timur.

Caleg yang bakalan duduk yakni Muttaqin Yaser, anggota DPRD Bintan yang saat ini menjabat. MK menyatakan perolehan suara PKS di dapil 3 Bintan Timur sebanyak 1.645 suara sedangkan PDI-P yang menggugat hanya memperoleh 1.639 suara atau selisih 6 suara sebagaimana dalil yang diajukan caleg PDI-P Trijono pada sidang PHPU di MK.

Dengan demikian, komposisi kursi di DPRD Bintan sudah jelas. Partai Demokrat sebagai partai pemenang dengan raihan 8 kursi dan berhak mendapat kursi Ketua DPRD Bintan. Sedangkan Partai Golkar bertahan dengan 6 kursi dan mendapat kursi Wakil Ketua I DPRD Bintan.

Sementara Partai NasDem mendapat 4 kursi dan merebut kursi Wakil Ketua II DPRD Bintan. Sedangkan PKS berhak mendapatkan 3 kursi dan PDI-P 2 kursi sementara PAN dan Hanura masing-masing mendapatkan 1 kursi.

Komisioner KPU Bintan, Rusdel mengatakan, pasca putusan MK saat ini bagian hukum KPU RI sedangkan menyusun surat untuk diteruskan ke KPU daerah. Setelah itu, KPU Bintan kata dia, akan mengagendakan rapat pleno penetapan caleg terpilih untuk pemilihan DPRD Bintan.

“Dalam PKPU (Peraturan KPU) itu disebutkan 5 hari setelah ada surat dari KPU RI. Kemungkinan kalau tidak hari ini atau besok surat itu kita terima. Baru kita jadwalkan pleno penetapan,” kata Rusdel, Rabu (7/8) pagi.

Ia sendiri enggan berkomentar soal putusan MK. Sebab, acuan KPU Bintan merujuk pada surat dari KPU RI.

“Kalau kita lihat kemarin putusan MK, memang iya (PKS Menang). Tapi saya belum bisa menetapkan, kami tunggu surat dari KPU RI,” timpalnya.

Sebagaimana diketahui, ada dua gugatan PHPU yang disidangkan di MK. Pertama PDI-P menggugat perolehan surat pemilihan di dapik 3 karena berselisih 6 suara dengan PKS. Sementara Partai Golkar caleg nomor urut 2 Amran menggugat koleganya Aisyah nomor urut 3 di dapil 3 Bintan Timur. (oxy)

(Visited 223 times, 1 visits today)