JCH Kloter 1 Embarkasi Batam Menuju Arafah

Pembimbing Haji Kloter 1 Embarkasi Batam, H. Hamdanis. (istimewa)

Pembimbing Haji Kloter 1 Embarkasi Batam, H. Hamdanis. (istimewa)

Batam (HK) – Seluruh Jamaah Calon Haji (JCH) Embarkasi Batam serta jamaah dari belahan dunia mulai berangkat menuju Arafah. Kloter 1 Embarkasi Batam yang merupakan jamaah Kepri akan berangkat dari penginapan pada 8 Zulhijjah 1440 H atau 9 Agustus 2019 M mulai pukul 07.00 Waktu Arab Saudi (WAS).

Pembimbing Haji Kloter 1 Embarkasi Batam, H. Hamdanis, melalui, Kabid Informasi dan Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Batam, Syahbudi, mengatakan, sebanyak 447 jamaah dari total 448 termasuk petugas akan melaksanakan wukuf di Arafah.

“Satu jamaah akan melaksanakan Trawiyah, sebab tahun ini tidak ada Qur’ah dari maktab. Khusus keberangkatan dari hotel ke Arafah hanya disediakan 21 Bus untuk satu maktab dengan sistem taraddudi dari Arafah, Mudzdalifah dan Mina baru di Qur’ah,” ucap Syahbudi menyampaikan informasi dari H. Hamdanis.

“Kloter 1 dapat giliran yang kedua. Sementara dari Mina ke hotel kembali dapat prioritas karena Kloter 1 Nafar awal seluruhnya pada tanggal 12 Zulhijjah 1440 H atau 13 Agustus 2019,” paparnya lagi.

Dia menambahkan, bus salawat untuk mengangkut jamaah baru beroperasi kembali pada 15 Agustus.

“Jamaah akan kita atur pelaksanaan Ifadhah serta Sa’i pada tanggal tersebut. Sementara, untuk Thawaf Wada, akan dilaksanakan habis Shalat Subuh pada tanggal 17 Agustus 2019 karena jamaah akan diberangkatkan ke Jeddah pada pukul 14.00 waktu setempat,” terangnya menjelaskan.

Syahbudi mengatakan, mobil salawat yang biasa membawa jamaah, sebelum Arafah, Mudzdalifah dan Mina (Armuzna) tidak beroperasi pada 6 s.d 14 Agustus.

“Sesudah tanggal tersebut baru kembali beroperasi,” jelas Syahbudi.

Khusus masalah katering, dia mengatakan, Kloter 1 pada 3 Agustus sudah selesai 40 kali makan. “Selanjutnya sampai pulang di luar Armuzna, konsumsi jamaah dilakukan dengan cara mandiri,” tambah Syahbudi.

Diberikan sebelumnya, dalam mempersiapkan diri untuk pelaksanaan tahapan ibadah di Arafah, Muzdalifah, dan juga Mina yang menjadi puncak ibadah haji bersama jutaan jamaah dari seluruh dunia, seluruh pembimbing ibadah memberikan ilmu manasik dan tentang kesehatan, serta melakukan sosialisasi soal Alat Pelindung Diri (APD) dan bagaimana Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada jamaah.

“Ini sangat penting. Dan ini merupakan waktu puncaknya pelaksanaan ibadah haji. Karena itu, seluruh jamaah diharapkan benar-benar siap, terutama fisik dan mental. Dalam sosialisasi ini, jamah selalu diingatkan untuk banyak minum air putih,” ucap Syahbudi, Rabu (7/8/2019).

“Jamaah yang termasuk dalam golongan resiko tinggi sangat diharapkan benar-benar memahami hal ini,” tambahnya lagi.

“Kita berdoa, semoga seluruh jamaah dari Embarkasi Batam sehat dapat melaksanakan ibadah di Armina tanpa ada kendala. Insya Allah, semua menjadi haji mabrur,” harap Syahbudi. (fhy)

(Visited 44 times, 1 visits today)