by

Sejumlah Jamaah Embarkasi Batam Di-safariwukuf-kan”

Batam (HK) – Sejumlah Jamaah Calon Haji (JCH) Embarkasi Batam dari seluruh kloter akan di-safariwukuf-kan.

Kabid Informasi dan Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Batam, Syahbudi, kepada Haluan Kepri, Jumat (9/8/2019) mengatakan, hal itu disampaikan oleh beberapa ketua kloter. Dan, saat ini 29 kloter JCH Embarkasi Batam sudah berada di Arafah.

“Jamaah menuju Arafah secara bergelombang yang dimulai pada, Jumat (9/8/2019) pukul 07.00 Waktu Arab Saudi. Dan gelombang terakhir tiba di Arafah jelang Ashar waktu setempat,” ucap Syahbudi.

Dikatakannya, selama di Arafah, jamaah memperbanyak zikir dan berdoa.

Sementara itu, Pembimbing Haji Kloter 1, H. Hamdanis, melalui Syahbudi, mengungkapkan, di Arafah, seluruh jamaah telah menempati tenda yang telah ditentukan.

“Jamaah Kloter 1 Embarkasi Batam tiba di Arafah pada pukul 14.00 Waktu Arab Saudi. Dari 448 jamaah termasuk petugas, ada dua jamaah yang masih berada di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah. Beliau a.n Satar bin Muhammad Mahmud dari Anambas usia 60 tahun dan akan di-safariwukuf-kan didampingi istrinya. Sementara istrinya akan diberangkatkan dengan ambulance menuju Arafah,” jelas Syahbudi menyampaikan keterangan H. Hamdanis.

Diterangkannya, di Arafah, Kloter 1 Embarkasi Batam mendapat empat tenda.

“Pelaksanaan wukufnya Insya Allah akan dibagi menjadi 2,” tambahnya lagi.

Syahbudi juga menyampaikan, seluruh jamaah selalu diingatkan tentang hal-hal yang berkaitan dengan ibadah termasuk menjaga kesehatan.

Diketahui, sebelum pelaksanaan tahapan ibadah di Arafah, Muzdalifah, dan juga Mina yang menjadi puncak ibadah haji bersama jutaan jamaah dari seluruh dunia, semua pembimbing ibadah memberikan ilmu manasik dan tentang kesehatan, serta melakukan sosialisasi soal Alat Pelindung Diri (APD) dan bagaimana Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada jamaah.

“Seluruh jamaah diharapkan benar-benar siap, terutama fisik dan mental. Dalam sosialisasi ini, jamah selalu diingatkan untuk banyak minum air putih,” ucap Syahbudi, Rabu (7/8/2019).

“Jamaah yang termasuk dalam golongan resiko tinggi sangat diharapkan benar-benar memahami hal ini,” tambahnya lagi.

“Semoga seluruh tahapan di Armina dapat dilakukan oleh jamaah Embarkasi Batam. Semoga semua sehat. Dan, Insya Allah, semua menjadi haji mabrur,” pungkas Syahbudi. (fhy)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed