by

Upaya Negoisasi Tak Berhasil

  • Pencari Suaka Tetap Berdemo

BINTAN (HK) – Memasuki hari kelima, aksi unjuk rasa yang dilakukan para pencari suaka terus berlanjut. Meskipun, sudah berdemo 4 hari berturut-turut di Kantor IOM di Jalan Peralatan Km 7 Tanjungpinang sejak Senin (5/8/2019) kemarin. Namun, mereka memaksa terus berdemo sampai aspirasi mereka dikabulkan.

Upaya negoisasi kepada pencari suaka pun terus dilakukan, agar mereka menghentikan demo. Namun, tak berhasil.

“Kita terima kasih kepada pemerintah Indonesia. Tapi kita ingin terus aksi sampai keinginan kami didengar,” ujar Alzobier, pencari suaka asal Sudan mewakili kawan-kawannya saat dialog didepan Bhadra Resort Jalan Kawal Km 24 Toapaya, Jum’at (9/8/2019).

Mereka berkeinginan pihak UNHCR dan IOM segera memberi kepastian hidup mereka. Sebab, sampai saat ini tidak ada kejelasan kapan mereka akan dikirim ke negara ketiga.

“Kita butuh kepastian karena kita punya masa depan,” tegasnya.

Sementara itu, Kabid Politik Dalam Negeri Kesbangpol Provinsi Kepri, Elman Krisos yang hadir saat dialog berpesan agar saat menyampaikan aspirasi di Kantor IOM dilakukan secara tertib.

Sebab, aksi yang dilakukan berturut-turut sejak Senin kemarin sudah mulai meresahkan penduduk disekitar Kantor IOM. “Kita minta dilakukan secara tertib,”pintanya.

Karena negoisasi tak membuah hasil, ratusan pencari suaka langsung bergerak menuju Kantor IOM di Tanjungpinang menggunakan 25 angkutan kota (Angkot) yang sengaja di carter untuk memuluskan aksi mereka. (oxy)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed