Disparbud Karimun Bakal Gelar Pesta Rakyat

Kabid Promosi Disparbud Karimun, Getiomen. (ilham/haluankepri.com)

Kabid Promosi Disparbud Karimun, Getiomen. (ilham/haluankepri.com)

  • Meriahkan HUT RI

KARIMUN (HK)-Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Karimun menggelar sejumlah hajatan besar untuk memeriahkan kemerdekaan Indonesia ke 74 di lapangan tanah merah Coastal Area, Tanjungbalai Karimun, 18 Agustus 2019 sekitar pukul 14.00 WIB mendatang. Hajatan itu dikemas dalam bentuk “Pesta Rakyat”.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Karimun, Zamri melalui Kepala Bidang Promosi, Getiomen di ruang kerjanya, Selasa, (13/8/2019) mengatakan, ada empat jenis hiburan rakyat yang akan dilaksanakan pada hajatan besar itu, diantaranya panjat pinang, lomba bakiak, lomba balapan karung dan lomba tarik tambang.

“Untuk lomba panjat pinang, pesertanya umum yang terdiri dari 5 orang putra, lomba tarik tambang khusus bagi ibu-ibu (satu tim terdiri dari 5 orang). Sedangkan, lomba bakiak diperuntukkan bagi remaja maupun anak-anak (satu tim 3 orang). Sementara, untuk balapan karung khusus bagi anak-anak,” ungkap pria yang akrab disapa Getty ini.

Kata Getty, “Pesta Rakyat” kemerdekaan RI ke-74 tersebut akan dibuka Bupati Karimun, Aunur Rafiq yang didampingi Wabup AnwarHasyim dan Sekda M Firmansyah. Jumlah peserta dari masing-masing lomba tidak dibatasi. Pendaftaran bagi peserta akan dilakukan satu jam sebelum hajatan dimulai.

“Sampai saat ini, atensi masyarakat sudah cukup tinggi. Selama ini, masyarakat Karimun sudah tahu adanya hiburan rakyat yang dilaksanakan setiap memperingati 17 Agustus. Karena, kegiatan-kegiatan seperti ini merupakan iven tahunan yang selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat Karimun,” ujarnya.

Dikatakan, khusus untuk lomba panjat pinang, jika selama ini pinang yang akan didirikan itu sebanyak 8 batang, maka untuk perayaan agustusan tahun 2019 ini, pinang yang akan didirikan sebagai ajang lomba itu sebanyak 17 batang. Makanya, panitia memilih acara itu dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus, biar waktunya lebih panjang.

“Kalau tahun-tahun sebelumnya, lomba panjat pinang hanya ada 8 pinang yang kita dirikan. Makanya, kegiatan itu bisa dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus. Namun, karena pada tahun ini, pinang yang akan kita dirikan itu sebanyak 17 pinang, maka lomba dibuat pada tanggal 18 Agustus, agar waktu permainnya lebih lama,” jelasnya.

Getty menghimbau kepada seluruh masyarakat Karimun, agar mendatangi lapangan tanah merah Coastal Area, Tanjungbalai Karimun untuk memeriahkan “Pesta Rakyat” HUT kemerdekaan RI ke 74. Selain empat lomba tersebut, rencananya pihak panitia akan mengadakan lomba hiburan lainnya.

“Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat Karimun, agar beramai-ramai datang ke lapangan tanah merah Coastal Area. Mari kita meriahkan acara agustusan yang tiap tahun kita laksanakan ini. Bukan hanya sekedar menjadi penonton, kalau dapat warga langsung berpartisipasi menjadi peserta lomba,” pungkasnya. (ham)

(Visited 47 times, 1 visits today)