Dua Lagi Jamaah Embarkasi Batam Wafat di Tanah Suci

ilustrasi (internet)

ilustrasi (internet)

Batam (HK) – Kabar duka kembali menyelimuti jamaah Embarkasi Batam. Kabid Informasi dan Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Batam, Syahbudi, pada, Selasa (13/8/2019) mengatakan, ada dua lagi jamaah Embarkasi Batam yang wafat di tanah suci.

Mereka adalah a.n Susanah Supardi Harjo (80) asal Kabupaten Kuansing, Riau. Beliau wafat di Rumah Sakit King Faishal, pada, Ahad (11/8/2019) sekitar pukul 15.30 Waktu Arab Saudi. Lalu yang kedua, a.n Kasmirin Mochammad Damiri (69) asal Kota Singkawang, Kalimantan Barat. Beliau wafat di Rumah Sakit Mina Alwadi, pada, Selasa (13/8/2019) sekitar pukul 01.30 Waktu Arab Saudi.

“Semoga, amal ibadah mereka diterima Allah SWT. Dan yang ditinggalkan senantiasa diberi kesabaran,” ujar Syahbudi menirukan ungkapan Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Batam, Dr. Drs. H. Mukhlisuddin, SH, MA.

Dengan demikian, sampai hari ini, sudah 15 orang jamaah Embarkasi Batam yang wafat di Arab Saudi.

Sementara itu, Syahbudi juga mengatakan, saat ini jamaah Embarkasi Batam yang mengambil nafar awal, sudah mulai kembali ke Makkah, pada 12 Zulhijjah 1440 H atau 13 Agustus 2019.

“Sebab, mereka sudah melontar jumrah Ula, Wustha, dan Aqobah,” tutur Syahbudi.

Sementara, lanjutnya, jamaah yang mengambil nafar tsani tengah menunggu sampai tanggal 13 Zulhijjah 1440 H.

“Sesampai di Makkah, jamaah akan melakukan tawaf ifadah,” ujarnya menambahkan.

Syahbudi juga menyampaikan, saat ini banyak jamaah yang kelelahan.

“Namun, Insya Allah, semua sehat. Dan para petugas dan tim medis selalu mengingatkan jamaah agar selalu menjaga kondisi fisik, pola makan, banyak minum, serta istirahat yang cukup,” ucapnya lagi.

“Semoga semua jamaah bisa menjalankan seluruh rangkaian ibadah di tanah suci hingga kembali ke tanah air,” pungkasnya. (fhy)