Polda Kepri Sembelih 86 Ekor Hewan

Kapolda Kepri, Irjen Pol Andap Budhi Revianto memberikan sambutan disela-sela penyembelihan hewan kurban di Mapolda Kepri. PUTRA/HALUAN KEPRI

BATAM (HK) – Kapolda Kepri, Irjen Pol Andap Budhi Revianto melalui Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Erlangga mengatakan pelaksanaan kurban dimaknai sebagai upaya meningkatkan ketakwaan, guna meraih kehidupan yang lebih baik.

“Dengan kurban kita tingkatkan ketakwaan, guna meraih kehidupan yang lebih baik,” ungkap Kapolda dalam sambutannya, Senin (12/8).

Makna lainnya, lanjutnya, adalah ibadah Qurban memperkuat hubungan ukhuwah sesama dan saling gotong royong dalam kebaikan. Begitu besar makna kurban, sehingga jajaran Polda Kepri yang dipimpin langsung oleh Kapolda Kepri menyembelih 86 ekor hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah/2019 kali ini.

Penyembelihan dilakukan di Gedung PPA Mapolda Kepri, Senin (12/8), di Batu Besar, dan seluruh Polres di seluruh kabupaten/kota di Kepri.

Turut hadir pada penyembahan 4 ekor sapi di Mapolda Kepri, yakni Wakapolda Kepri Brigjend Pol Yan Fitri Halimansyah, Irwasda Polda Kepri, Ditreskrimum Polda dan PJ Ketua Bhayangkari Daerah Kepri dan pejabat utama Polda Kepri.

Selain e ekor sapi, Polda Kepri juga mendistribusikan 6 ekor daging sapi dan 5 ekor kambing ke Masjid-masjid dan Mushola, diantaranya Musholla Al-Ikhlas kampong Nenas Teluk Bakau, Musholla Darul Muttaqin Green City Sambau, Pulau Pasir Panjang jembatan IV Barelang, Masjid Al-Mukhlisin Kavling Sambau, Masjid Al-Muhajirin Kabil, Masjid as-salam Yaman Yose.

Lebih lanjut, Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Erlangga, mengatakan nilai ibadah qurban dalam kehidupan sehari-hari seperti memuliakan tamu, mementingkan orang lain, mejalankan perintah agama dan menjauhi larangannya.

Disamping itu Ibadah qurban untuk menjalin hubungan antar sesama manusia, Ibadah umat Islam senantiasa mengandung dua aspek tak terpisahkan yaitu Hablumminnalah dan Hablumminannas.

“Kehidupan saling tolong menolong dan gotong royong dalam kebaikan merupakan ciri khas ajaran Islam. Bersama ambil hikmahnya, perkukuh empati, kesadaran diri, pengendalian dan pengelolaan diri, ini cikal bakal akhlak terpuji seorang muslim seperti akhlak terpuji untuk saling membantu sesama dalam kebaikan,” ujarnya.

Merayakan Idul Adha 1440 H, Polda Kepri juga mendistribusikan sejumlah tempat, diantaramnya Masjid Syuhada Nurul Sulton, Sei Lekop, Masjid Nurul Hikmah Pelita Indah Kabil, yayasan Darul Falah Batu besar dan Musholla Mading Muhammad Kavling sambau.

Menurut Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Pol Erlangga, pada ibadah idul Adha 1440 H tingkat ketakwaan dapat diukur dari kepedulian kita terhadap sesama sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

“Sesama sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat,” ujarnya. (put)

(Visited 30 times, 1 visits today)