Pelabuhan Dabo Rusak Parah- Dihantam Tongkang

RUSAK PARAH- Beberapa bagian dan tiang Pelabuhan Dabo rusak parah di hantam tongkang

LINGGA (HK)- Sebuah kapal tongkang yang sandar di Pelabuhan Dabo Singkep menghantam bibir dermaga ujung.

Belum diketahui pasti penyebab kejadian tesebut, namun diperkirakan karena tali tambatan kapal tongkang itu terlepas akibat dihantam ombak selatan.

“Kapal yang diketahui sudah tidak ada lagi anak buah kapal (ABK) ini akhirnya menghantam tiang penyangga pelabuhan dan nyaris roboh,” kata Kepala Kantor Unit Penyelengara Pelabuhan (UPP) Kelas III Dabo Singkep, Syahrul saat dikonfirmasi sambil buru-buru mengakhiri pembicaraanya, Senin (12/8).

Sementara itu Kapolsek Singkep, Iptu Ahmad Yudi saat dijumpai di Pelabuhan Dabo terlihat sedang memasang garis polisi.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan. Sebab informasi dermaga yang dihantam kapal itu kini menjadi buah pembicaraan masyarakat Dabo Singkep, hingga membuat sejumlah warga ingin melihat dari dekat terkait kejadian tersebut dan berdatangan ke Pelabuhan Dabo Singkep.

“Kita pasang Police Line agar warga jangan terlalu mendekat ke dermaga. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan,” ujar Ahmad Yudi.

Data yang berhasil dihimpun, bahwa Kapal Tog Boat Sea Carrieri I dan sebuah Tongkang pada tahun 2018 sedang mendapat pekerjaan memotong sejumlah bagian kapal yang tengelam di Selat Berhala.

Diduga karena putus kontrak, kapal tersebut oleh pemiliknya akhirnya dibawa berlabuh ke dermaga atau Pelabuhan Dabo Singkep.

Informasi dari sumber yang layak dipercaya diketahui pada pertengahan bulan Juli 2019, ada sembilan orang ABK kapal memutuskan meninggalkan TB Sea Carrieri I yang saat itu sedang bersandar. Hal ini karena ada permasalahan dengan pihak perusahaan.

“Informasinya mereka berhenti, karena aktifitas kapal tidak jalan lagi dan gaji anak buah kapal belum dibayar, sehingga kapal tersebut tidak ada lagi yang mengurus,” ujar sumber tersebut.

Tidak diketahui secara pasti siapa pemilik kapal tersebut, namun berdasarkan informasi, sandarnya TB Sea Carrieri I sudah mendapatkan izin dari kepala Syahbandar.

Hingga berita ini diturunkan sejumlah anggota Polri masih berada di sekitar pelabuhan untuk berjaga-jaga. Hal yang sama juga dilakukan petugas Syahbandar Dabo Singkep yang mengaku belum tau harus berbuat apa karena menunggu perintah pimpinan.

Sedangkan tiang penyangga Pelabuhan Dabo Singkep sudah nyaris roboh akibat dihantam ombak selatan.(jfr)

(Visited 64 times, 1 visits today)