Beragam Kegiatan Meriahkan HUT RI di Belakangpadang

Seorang bocah sedang bermain balon dengan background perlombaan perahu layar di kecamatan Belakangpadang, bertepatan 17 Agustus 2018 lalu. IST

BATAM (HK) – Perayaan Hari Ulang Tahun ke-74 Republik Indonesia di Kecamatan Belakangpadang akan lebih meriah dari tahun-tahun sebelumnya. Camat Belakangpadang, Yudi Admaji mengatakan banyak kegiatan baru yang dilaksanakan pada peringatan hari kemerdekaan tahun ini.

“Yang baru itu lomba kiau dan lomba boat pancung 40 PK,” kata Yudi melalui sambungan telepon, Senin (12/8).

Ia menjelaskan kiau adalah sampan dayung tradisional yang masih cukup banyak digunakan masyarakat pulau di Kecamatan Belakangpadang. Sampan kiau ini biasa dimanfaatkan masyarakat untuk menangkap ikan di perairan sekitar pulau.

Sedangkan boat pancung 40 PK adalah kapal motor tempel. Bisa terbuat dari kayu maupun fiber. Dan biasa digunakan untuk mengangkut penumpang dari Pulau Belakangpadang ke pulau utama Batam.

“Lomba-lomba ini akan kita gelar di depan Dataran Elang Laut pada 16 Agustus. Lomba Kiau mulai pukul 10.00 WIB sedangkan lomba boat 40 PK mulai pukul 14.00 WIB,” ujarnya.

Pada hari yang sama juga akan dilaksanakan karnaval serta permainan rakyat. Yudi mengatakan untuk permainan rakyat berlangsung sejak 15 Agustus sampai hari H peringatah HUT RI.

“Permainan rakyat yang akan digelar antara lain panjat pinang di laut, tarik tambang, dan pukul bantal. Serta akan ada kegiatan dari Polsek Belakangpadang, pembentukan formasi 74 oleh pengemudi pancung di depan Pulau Sambu,” papar Yudi.

Perlombaan lain yang akan digelar yakni gerak jalan dan sampan layar. Keduanya digelar di Sabtu (17/8) usai upacara bendera.

Kemudian pada Minggu (18/8) sore dijadwalkan lomba sepak bola mini di Lapangan Indra Sakti. Dan malam harinya, sekitar pukul 19.30 WIB akan diadakan lomba joget lambak dan pop yeye.

“Lomba joget lambak dan pop yeye akan digelar dua hari, sampai 19 Agustus. Untuk perayaan HUT RI ini, akan berlangsung sampai September. Ada lomba lain seperti bola voli dan takraw. Total keseluruhan hadiah Rp 91 juta,” kata pria yang pernah menjabat sebagai Kepala Bagian Humas Setdako Batam tersebut. (mc)

(Visited 127 times, 1 visits today)