Jamaah Haji Debarkasi Batam dalam Kondisi Sehat

Jamaah Embarkasi Batam saat akan diberangkatkan ke tanah suci. (dok)

Jamaah Embarkasi Batam saat akan diberangkatkan ke tanah suci. (dok)

  • Minggu, Kloter 1 Tiba di Batam

Batam (HK) – Kabid Informasi dan Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Batam, Syahbudi, mengatakan, seluruh Jamaah Haji Debarkasi Batam berada dalam kondisi sehat.

Dijelaskannya, hari ini, Rabu (14/8/2019) jamaah yang mengambil Nafar Tsani, sebelum magrib akan kembali ke Makkah dan selanjutnya melaksanakan tawaf Ifadah.

Syahbudi mengungkapkan, kemaren sempat beredar info banjir besar di Mina.

“Itu tidak benar. Memang terjadi hujan lebat di Mina, tapi tidak separah seperti dalam video yang beredar tersebut. Listrik memang sempat dimatikan di Mina. Namun, hal itu lebih pada alasan keamanan. Setelah hujan reda, listrik kembali dihidupkan,” ucap Syahbudi, Rabu (14/8/2019).

Syahbudi juga menyampaikan, setelah menjalani rangkaian ibadah, ada juga jamaah yang mengalami kelelahan.

“Namun, secara kondisi, jamaah dalam keadaan sehat. Tapi, berdasarkan laporan dari petugas kloter di Arab Saudi, jamaah tetap bersemangat karena sudah menyandang predikat haji. Semoga semua memperoleh predikat haji mabrur,” terangnya lagi.

Syahbudi melanjutkan, tim kesehatan haji Indonesia juga terus melakukan visitasi ke kamar-kamar jamaah.

“Mereka mengingatkan jamaah untuk tetap menjaga Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) menjelang pulang dan melakukan gerakan minum oralit bersama untuk menghindari dehidrasi,” ucapnya menambahkan.

Jamaah Haji Kloter 1 Debarkasi Batam dijadwalkan tiba di Bandara Hang Nadim Batam, pada, Minggu (18/8/2019) sekitar pukul 11.45 WIB. Jamaah Kloter 1 yang merupakan asal Kepri gabungan dari Kabupaten Natuna, Anambas, Kota Batam serta Petugas Kloter, akan tiba dengan pesawat Saudi Arabian Airlines no penerbangan SV 5700.

Sementara itu, sampai hari ini, sudah 15 orang jamaah Embarkasi Batam yang wafat di Arab Saudi. Jamaah yang wafat tersebut berasal dari Kepri 2 jamaah, Jambi 5 jamaah, Riau 5 jamaah, dan Kalimantan Barat 3 jamaah. (fhy)

(Visited 19 times, 1 visits today)