Integrasi Data Penting Tentukan Kebijakan

BERITA ACARA- Walikota Tanjungpinang Syahrul menandatangani berita acara serah terima akses geoportal dan sekaligus penyerahan akun Geoportal Kota Tanjungpinang di Kantor Walikota Tanjungpinang, kemarin.(ist)

TANJUNGPINANG (HK)- Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tanjungpinang bersama Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan (Bappelitbang) Kota Tanjungpinang menyelenggarakan Sosialisasi Data Sektoral dan Data Geospasial serta Pre-Launching Geoportal Kota Tanjungpinang.

Kegiatan itu dibuka oleh Walikota Tanjungpinang Syahrul, di Aula Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah, Kantor Walikota Tanjungpinang, Senggarang, kemarin.

Syahrul mengatakan saat ini Tanjungpinang belum memiliki data dan peta yang terintegrasi secara menyeluruh, sehingga sering dijumpai kondisi dimana terjadi perbedaan data dan ketidak-keterpaduan dalam perencanaana apa pun.

Kondisi ini, lanjut Syahrul, juga dialami oleh pemerintah kabupaten/kota lainnya di Indonesia. Untuk itu, melalui peraturan Presiden nomor 39 tahun 2019 untuk mewujudkan keterpaduan perencanaan dan perlu didukung dengan data yang akurat, muktahir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, mudah di akses, dan dibagikan serta dikelola secara bersama, terintegrasi dan berkelanjutan.

“Data memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan sebuah kebijakan. Data yang akurat dapat menghasilkan kebijakan yang tepat,” kata Syahrul.

Dengan terintegrasinya semua data, baik data sektoral maupun data geospasial, diharapkan kedepan tata kelola data Pemko Tanjungpinang dapat lebih terpadu sehingga pemerintah dapat menjalankan perannya dengan lebih baik, lebih efektif dan lebih efesien.

“Saya minta para peserta dapat menyimak hal-hal yang disampaikan narasumber. Nantinya data yang sudah terintegrasi akan bermanfaat dalam penyusunan pembagunan perencanaan daerah dan tata ruang wilayah,” ujar Syahrul.

Sementara Kepala Bidang Statistik dan Persandian Dinas Kominfo Kota Tanjungpinang, Muhammad Yamin, menjelaskan Dinas Kominfo sebagai wali data dan Bappelitbang selaku pembina mengadakan sosialisasi ini sebagai langkah awal untuk mengenalkan apa itu statistik sektoral dan data geospasial.

“Sehingga kedepannya terdapat kesamaan persepsi mengenai tugas tersebut menuju satu data Indonesia,” terang Yamin.

Dalam acara tersebut, Syahrul bersama Kabid Pengembangan Kelembagaan dan Simpul Jaringan Informasi Badan Informasi Geospasial, Arif Hariyanto melakukan penandatanganan berita acara serah terima akses geoportal.

Sekaligus penyerahan akun Geoportal Kota Tanjungpinang, yang didampingi oleh Kepala Dinas Kominfo Abdul Kadir Ibrahim dan Kepala Bappelitbang, Ruli Friady.(rco)

(Visited 8 times, 1 visits today)