Lapas Batam Bangun Kantin Celengan

LAPAS Kelas ISI Adalah Batam membuka kantin baru.Foto:Dedy/Haluan Kepri

BARELANG (HK) – Guna meningkatkan produktifitas serta membangun inovasi baru, pihak Lapas Klas II A Batam membuka kantin celengan untuk narapidana.

Hal ini dilakukan mengingat bahwa selama ini narapidana sering dipandang sebelah mata oleh masyarakat. Untuk menampik hal tersebut, pihaknya pun berinisiatif bangun kantin.

Kalapas Batam, Surianto mengatakan, hal ini dibuat untuk membentuk kreatifitas narapidana. Bahkan untuk membuktikan bahwa para napi pun bisa lebih baik dari sebelumnya setelah keluar nantinya. Kemudian, tujuannya ini dilakukan untuk mengembangkan bakat mereka berbisnis jika kelak keluar nantinya.

“Awalnya hanya kecil-kecilan dan ada yang beranggapan bahwa kantin itu tak akan bertahan lama, karena memang seluruh barang dagangan tak dipatok harga. Namun berkat kejujuran para napi ini akhirnya bisa berjalan hingga bertambah hingga 3 kali lipat,” ujarnya.

Ia juga menceritakan, awal terbentuknya kantin celengan ini hanya bermodalkan uang recehan. Karna dikelola napi dengan baik dan berjalan dua bulan lebih, akhirnya setelah belanja stok sudah hingga mencapai Rp 10 jutaan.

“Awalnya ini hanya sedekah. Kemudian kita kembangkan. Dan memang tiap napi yang mau beli, bebas mau bayar berapa. Karna bayarnya langsung di masukkan kedalam celengan yang sudah disiapkan didekat pintu kantin. Jadi kita pun tak berapa dibayarnya. Tapi ada juga yang ngak bayar, dan tak ada masalah,” ujarnya saat itu.

“Bebas mau beli barang apa. Dan kita tak memaksa bayar juga, yang penting dimasukkan kedalam celengan tersebut, paparnya kembali. 

Selain membangun kantin celengan, Kalapas juga berniat akan menambah beberapa hal yang serupa, seperti setrika celengan dan Laundry Celengan. 

“Selain kantin ini, kita juga akan buat setrika celengan dan laundry celengan. Jadi nantinya napi bebas setrika dan laundry kapan saja,” terangnya.(ded)

(Visited 23 times, 1 visits today)