by

Petani Juga Gabung Penanggulangan Karhutla

BINTAN (HK) – Para petani di Kabupaten Bintan juga ikut gabung dalam menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Kabupaten Bintan. Karena tanggung jawab mencegah karhutla bukan semata-mata aparat kepolisian dan pemerintah, melainkan seluruh lapisan masyarakat.

“Hutan milik kita bersama, jadi sudah tugas kita bersama menjaga dan merawatnya,” ujar Supri, petani yang ikut apel bersama penanggulangan karhutla di Lapangan Sepakbola Antam Kijang, Kecamatan Bintan Timur, Kamis (15/8) pagi.

Saat apel bersama, para petani ikut membawa alat sederhana yang bisa membantu memadamkan api, yakni semprotan yang biasa digunakan para petani untuk membasmi hama.

“Ya dengan alat seperti semprot ini setidaknya kami bisa ikut membantu,” timpalnya

Dalam apel bersama tersebut, Kapolres Bintan AKBP Boy Herlambang bersama Bupati Bintan, Apri Sujadi dan Kepala Basarnas Tanjungpinang, Mu’min serta jajaran FKPD juga mengecek kesiapan personil dan armada penanggulangan karhutla.

Bahkan, mobil-mobil operasional kepolisian juga ikut dimodifikasi agar bisa menjadi armada damkar dengan tangki-tangki air dan mesin pompa air. Bahkan, Polres Bintan juga membagikan water sprayer kepada jajaran Polsek yang bisa digunakan untuk mencegah kebakaran agar tak meluas.

Bupati Bintan, Apri Sujadi meminta agar masyarakat Bintan sama-sama peduli dalam mencegah karhutla. Sebab, kerugiannya sangat berdampak luas. “Selain kerusakan lingkungan, kerugian lain juga mengenai kesehatan,” ujar Apri.

Sementara itu, Kapolres Bintan AKBP Boy Herlambang menghimbau agar masyarakat tidak membuka lahan dengan cara membakar. Sebab, kepolisian bisa bertindak tegas mengingat himbauan dan sosialisasi sudah sering dilakukan.

“Ya sudah ada 4 kasus yang kami tangani. Untuk itu kami menghimbau agar masyarakat peduli dalam penanggulangan karhutla khususnya di Kabupaten Bintan,” ungkapnya. (oxy)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed