by

Debarkasi Batam Siap Sambut Jamaah Haji

  • Masa Pemulangan Musim Haji 1440 H/2019 M

Batam (HK) – Debarkasi Batam siap menyambut kedatangan Jamaah Haji (JH) pada masa pemulangan musim haji 1440 H/2019 M yang akan dimulai pada, Minggu (18/8/2019). Hal itu terungkap dalam rapat koordinasi (rakor) Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Batam di Asrama Haji Batam, yang dipimpin Wakil Ketua I, H. Zulkarnain Umar yang dimoderatori, Sekretaris PPIH Debarkasi Batam, H. Afrizal, Jumat (16/8/2019).

Disampaikannya, pada tahun ini, Embarkasi Batam telah memberangkatkan sebanyak 12.944 jamaah ke tanah suci dari empat provinsi, yakni, Kepri 1.502 jamaah, Riau 5.386 orang, Jambi 3.296 jamaah, dan Kalimantan Barat 2.760 orang. Semuanya terbagi dalam 29 kloter.

Wakil Ketua I PPIH Debarkasi Batam, H. Zulkarnain, mengatakan, saat pemulangan nanti, ada sejumlah hal yang menjadi titik perhatian panitia, diantaranya, memantau kesehatan jamaah haji saat tiba di Bandara, keamanan di Asrama Haji, penerimaan jamaah di Asrama Haji, transportasi, akomodasi, serta konsumsi.

Zulkarnain yang juga Kepala Kantor Kemenag Batam itu mengharapkan, masa pemulangan nanti, dapat berjalan lancar seperti saat masa keberangkatan lalu.

“Semua tidak lepas dari dukungan dan kerja keras seluruh panitia. Insya Allah, semoga proses masa pemulangan nanti tidak ada kendala,” ucap Zulkarnain.

Menyikapi harapan itu, seluruh bidang dalam PPIH Batam menyatakan siap menyukseskan masa pemulangan jamaah haji ke daerah masing-masing.

Dalam rakor yang juga dihadiri perwakilan Kemenag Riau dan Kalimantan Barat itu, ada sejumlah usulan dari sejumlah bidang. Namun, pada intinya, semua siap melakukan koordinasi dan komunikasi antarbidang PPIH Debarkasi Batam.

Berdasarkan data yang disampaikan, estimasi jamaah haji dan petugas yang akan kembali ke tanah air via Debarkasi Batam adalah Kepri 1.500 orang, Riau 5.380 jamaah, Jambi 3.290 orang, dan Kalimantan Barat 2.758 orang.

Menurut rencana, kepulangan Kloter 1 akan disambut langsung oleh Plt Gubernur Kepri, H. Isdianto, Ketua PPIH Debarkasi Batam, Dr. Drs. H. Mukhlisuddin, SH, MA, Walikota Batam, Bupati Natuna, Bupati Anambas, dan tamu undangan lainnya.

Kloter 1 akan tiba di Bandara Hang Nadim Batam, sekitar pukul 11.45 WIB. Jamaah Kloter 1 yang merupakan asal Kepri gabungan dari Kabupaten Natuna, Anambas, Kota Batam serta Petugas Kloter, akan tiba dengan pesawat Saudi Arabian Airlines no penerbangan SV 5700. Dan akan tiba di Asrama Haji Batam pada pukul 13.30 WIB.

Lalu, pada malamnya, pesawat Saudi Arabian Airlines no penerbangan SV 5100 yang membawa Kloter 2 dijadwalkan landing di Bandara Hang Nadim Batam sekitar pukul 20.15 WIB. Kloter 2 merupakan jamaah asal Kota Pekanbaru Riau. Setelah istirahat beberapa saat di ruang tunggu Bandara Hang Nadim, Kloter 2 melanjutkan penerbangan ke Pekanbaru.

Untuk diketahui, pada musim haji 1440 H/2019 M ini, khusus untuk Jamaah Haji asal Riau dan Jambi, masuk dalam ‘Embarkasi Antara’, yakni, jamaah tidak masuk Asrama Haji Batam, namun, hanya transit di Bandara Hang Nadim Batam untuk seterusnya melanjutkan penerbangan ke daerah masing-masing.

Ditambahkan PPIH Debarkasi Batam, sampai hari ini, Jumat (16/8/2019), sudah 18 orang jamaah Embarkasi Batam yang wafat di Arab Saudi. Jamaah yang wafat tersebut berasal dari Kepri 2 jamaah, Jambi 6 jamaah, Riau 6 jamaah, dan Kalimantan Barat 4 jamaah. (fhy)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed