Siap Kibarkan Merah Putih di Engku Putri – Persiapan Paskibra Sudah 97 Persen

LATIHAN PERSIAPAN - Paskibra Batam menggelar sesi latihan persiapan, Kamis (15/8) sore, di Alun-alun Engku Putri Batam Centre. Sekaligus menjadi tolak ukur kesiapan Paskibra untuk mengibarkan Bendera Merah Putih pada 17 Agustus. PUTRA/HALUAN KEPRI

BATAM (HK) – Puluhan Pasukan Pengibaran Bendera (Paskibra) Kota Batam, siap mengibarkan bendera Merah Putih di alun-alun Engku Putri, Batam Centre pada Sabtu, 17 Agustus 2019 pagi.

Kesiapan ini disampaikan oleh pembina dan sejumlah anggota Paskibra Batam ke Haluan Kepri, disela-sela latihan terakhir, Kamis (15/9) sore, di loksi alun-alun Engku Putri. Bahkan menyebutkan bahwa persiapan sudah hampir rampung, yakni pada kisaran 97 persen.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Kadispora) Kota Batam, Hendriana Gustini melalui Kabid Pora Kota Batam Sri Indra Praja, mengatakan bahwa anggota Paskibra Batam yang berasal dari Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat telah siap menjelankan tugasnya.

“Mereka (Paskibra, red) sudah latihan rutin sejak 12 Juli lalu setiap pukul 15.00 WIB hingga jam 18.00 WIB, bahkan sudah melakukan latihan prainap,” ungkapnya.

Selain latihan fisik, terangnya, Paskibara juga sudah dibekali wawasan kebangsaan, termasuk latihan baris berbaris yang dilatih oleh TNI-Polri.

Lebih lanjut, pada pusat latihan, sejumlah anggota Paskibraka juga dilatih phisik dilatih pelatih. Serta Kesehatan, baik gizi nutrisi yang dipersiapkan tim medis yang terdiri dari tiga orang Dokter.

Ditempat yang sama, Ketua Pelatih Paskibraka Kota Batam, Lettu Laut (P) Purwo Edi Santoso, melalui waka pelatih Pak Dedi, mengatakan paskibraka terdiri dari pasukan 17, pasukan 8 dan pasukan 45.

Dijelaskan, bahwa Pasukan Delapan terdiri dari Paskibaraka dan Pengapit dari Yonmar dan Polri. Pasukan 17 itu terdiri Paskibraka, dan
Pasukan 45 terdiri dari unsur Yonmar, Brimob dan Polres.

“Melalui latihan keras, kita sudah siap, siap untuk pengibaran bendera dan penurunan bendera hari H, sudah siap 97 persen. Kesiapan 100 persen di hari H,” tambahnya.

Dikatakan, dalam latihan paskibraka, panitia dan pelatih tidak ada masalah. Team work dan kerjasama yang baik, baik dari Pemko Batam, Dispora, dan panitia induk terjalin baik. Dengan pemimpin upacara tahun di Kota Batam adalah Lanal Batam.

Ditempat yang sama, Susan Ellis (15) asal SMA N 3 Batam kelas II Jurusan IPS, tersebut bertindak sebagai pembawa Baki pagi pada pengibaran bendera HUT RI ke 74.

“Sudah siap, latihan sudah terbentuk. Pertama itu mental terus fisik, termasuk kekompakan tim,” jelasnya.

Dikatakan, persiapan menyambut hari H HUT RI yang dalam dua hari lagi, Ellis mengatakan mempersiapkan disiplin serta katangguhan, sopan dan mandiri, terangnya.

Tidak jauh beda, Vhirly Aurelya Clarizcha (16) asal SMA N 20 Batam Jurusan IPS, sebagai pembawa baki penurunan bendera HUT RI ke 74 kota Batam. Sejumlah persiapan yakni kedisiplinan dan mental.

“Pastinya mental disipkan, pemahaman baris-berbaris dan kesehatan sudah siap,” terangnya.

Hal senada disampaikan Dai’va Prabu Yudha (16), asal SMA N 1 Batam jurusan IPS yang bertindak sebagai pembentang bendera. Serta Alfajar Madani (16n) Asal SMA N 1 Batam, jurusan IPA.

“Tentunya fisik harus dijaga, konsentrasi harus dijaga, dan berdoa,” ujarnya. (put)

(Visited 129 times, 1 visits today)