TPA Punggur Dilalap Api

PETUGAS pemadam kebakaran dengan beberapa unit mobil pemadam berusaha memadamkan api yang melalap TPA Punggur.Foto:Tampubolon/Haluan Kepri

BATAM (HK) – Sedikitnya 2 hektar lahan tempat pembuangan akhir (TPA) Telaga Punggur, Kelurahan Kabil, Kecamatan Nongsa, Batam dilalap si jago merah sejak Kamis (15/8/2019) malam pukul 20.00 wib.

Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Pol Drs S. Erlangga mengatakan, terkait kebakaran tersebut Polda Kepri dan Polresta Barelang turut mengerahkan dua unit Mobil Armored Water Cannon (AWC) untuk memadamkan api pada Kamis (15/08/2019) malam pukul 20.00 wib.

“Selain itu pemadaman juga melibatkan 30 Personil Polri dibantu dengan 2 Unit Damkar, 2 unit mobil suplai air TPA Punggur dan anggota TNI memadamkan lokasi kebakaran, upaya pemadaman terus berlangsung hingga hari ini Jumat (16/08/2019),” ungkap Erlangga.

Lanjutnya, pemadaman terus dilakukan dengan setuasi terakhir api sudah dapat dikendalikan, dan tetap terus dilakukan penyiraman bagian dalam tumpukan sampah untuk mengurangi pengasapan akibat dari kebakaran dengan mengerahkan 2 Unit AWC Polda Kepri, 2 Unit AWC Polresta Barelang, 5 Unit Double cabin pengangkut air dan 1 truk tangki air.

Terpisah, Kapolsek Nongsa, Kompol Albert Perwira Sihite menjelaskan bahwa kebakaran tumpukan sampah seluas dua Hektar tersebut awalnya diketahui oleh seorang warga sekitar, Rijwan saat hendak mengikis sampah yang tidak jauh dari lokasi titik api.

“Sekira pukul 19.45 wib, Rijwan sedang mengikis sampah, lalu melihat api menyala di bagian bawah tumpukan sampah, lalu ia berlari mengambil mobil suplai Air TPA Punggur untuk memadamkan api tersebut, namun api tidak berhasil dipadamkan api semakin membesar,” ucap Albert saat di konfirmasi, Jum’at (16/8/2019) siang.

Hal senada juga disampaikan operator alat berat, Anjas sekitar pukul 20.00 wib ia sedang menggeser tumpukan sampah, lalu melihat kumpalan asap dan melihat api membakar tumpukan sampah. Tak lama kemudian anjas
menghubungi pemadam kebakaran,

“Pukul 20.30 wib dua unit Mobil Pemadam Kebakaran tiba di TKP dan langsung melakukan pemadaman dan api belum berhasil di padamkan. Sekira pukul 23.00 wib Mobil Water Canon Sat Samapta Polresta Barelang tiba di TKP langsung ikut membantu memadamkan api,” katanya.

Dikatakan, akibat kejadian tersebut tidak ada korban jiwa maupun kerugian materil, sebab lokasi kebakaran itu jauh dari pemukiman Penduduk.

Sampai saat ini, pihaknya juga belum mengetahui penyebab terjadinya kebakaran tersebut, “Penyebab terjadinya kebakaran masih dalam tahap penyelidikan,” ucap Albert.

Menurut keterangan warga sekitar, bahwa setiap musim kemarau selalu terjadi kebakaran Sampah tersebut karena sampah dalam keadaan kering dan cuaca panas.

Sementara itu, Kepala UPT TPA Punggur, Lukman Hakim saat dimintai keterangan ia mengatakan saat kebakaran itu tidak ada di lokasi, “saya tidak di lokasi saat kejadian
info banyak dari anggota kita,” ucap Lukman melalui pesan WhatsAppnya.

Pasca kebakaran lokasi TPA Punggur yang tidak jauh dari Bandara internasional Hang Nadim, Suwarsono Selaku kepala BUBU Hang Nadim mengatakan bahwa gumpalan asap tebal akibat kebakaran TPa punggur yang sudah menyelimuti langit Nongsa tidak menggangu aktivitas penerbangan di Bandara.

“Alhamdulilah tidak sampai mengganggu aktivitas penerbangan di Bandara Internasional Hang Nadim,” kata Suwarsono.(Cw63)

(Visited 39 times, 1 visits today)