Inflasi Kota Tanjungpinang Stabil

Wakil Walikota Tanjungpinang Rahma memimpin rapat Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Tanjungpinang dalam mengendalikan Inflasi, kemarin.(ist)

TANJUNGPINANG (HK) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Tanjungpinang menggelar rapat putin dalam mengendalikan Inflasi yang dipimpin langsung oleh Wakil Walikota Tanjungpinang Rahma, di ruang rapat Raja Haji Fisabilillah Kantor Walikota Tanjungpinang, kemarin.

Menurut data yang dipaparkan Bank Indonesia (BI) dan BPS pada bulan Juli ini, Kota Tanjungpinang mencatat inflasi sebesar 0,57 persen (MTM) atau Inflasi sebesar 3,32 persen (yoy), lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya sebesar 0,32 persen atau 3,20 persen.

Penyumbang inflasi di Kota Tanjungpinang bersumber dari inflasi kelompok bahan makanan sebesar 2,27 persen (mtm) dengan andil 0,57 persen (mtm), yang disebabkan kenaikan harga cabai merah, rawit dan ikan tongkol.

Kenaikan harga komoditas cabai merah dan rawit disebabkan kekeringan yang terjadi di sentra penghasil Jawa Tengah maupun pergeseran masa tanam di Sumatera Utara. Sementara kenaikan ikan tongkol diakibatkan kurangnya pasokan karena dampak dari cuaca buruk.

Akan tetapi jika dilihat dari bulan Januari 2019 hingga bulan Juni 2019, inflasi Kota Tanjungpinang masih tergolong stabil dan inflasi Kota Tanjungpinang tercatat 2,17 persen, lebih rendah dibandingkan inflasi Nasional yang masing-masing sebesar 3,50 persen dan 3,32 persen.

Wakil Walikota Tanjungpinang Rahma, mengharapkan OPD terkait seperti Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (DP3) dan BUMD untuk dapat melakukan pengawasan lebih dan melakukan intervensi jika harga terkait komoditas tertentu terjadi kenaikan yang tidak wajar.

“Terkait kenaikan cabai ini memang terjadi tidak hanya di Kota Tanjungpinang, akan tetapi terjadi di daerah lainnya bahkan hampir di seluruh Indonesia seperti Surabaya juga mengalami kenaikan yang signifikan,” ungkapnya.

Rapat rutin bulanan ini juga disampaikan bahwa Kota Tanjungpinang telah meraih TPID Terbaik se-Sumatera. Penghargaan tersebut diterima langsung Walikota Tanjungpinang dari Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla di Jakarta beberapa waktu lalu.

Hal ini menurut Rahma, suatu prestasi dari TPID Kota Tanjungpinang yang telah bekerja keras dan menjaga konsistensi dalam mengatur inflasi di Kota Tanjungpinang.

Rapat bulanan TPID ini di hadiri stake holder terkait seperti, Bank Indonesia Perwakilan Kepri, BPS Kota Tanjungpinang, Beacukai Tanjungpinang, Karantina Pertanian dan Perikanan, BMKG Kota Tanjungpinang, Satgas Pangan dari Polres Tanjungpinang dan OPD terkait.(rco)

(Visited 17 times, 1 visits today)