SMP Negeri 4 Tebing Tinggi Meranti Tampil Unik

(azwin/haluankepri.com)

(azwin/haluankepri.com)

Meranti (HK) – Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 4 Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti tampil beda saat mengikuti Karnaval Profesi yang digelar oleh Korwil Kecamatan Tebing Tinggi. Selain memakai pakaian daur ulang, mereka juga melakukan aksi peduli lingkungan dengan memungut sampah sepanjang jalan yang dilewati rombongan karnaval.

Aksi itu mendapat apresiasi positif dari masyarakat yang menyaksikan karnaval.

“Kami mendapat apresiasi dari Korwil Kecamatan Tebing Tinggi karena memberikan contoh baik di tengah masyarakat,” ujar Kepala Sekolah SMP Negeri 4, Syafii S.Pd. MM, Senin (26/8/2019) siang.

“Kita sudah mendapatkan Sertifikat Adiwiyata Kabupaten 2018 dan Provinsi Tahun 2019 dan akan berlanjut ke tingkat Nasional pada 2020 mendatang. Kami bercita-cita sampai ke tingkat mandiri,” jelasnya lagi.

Dijelaskannya, mereka memiliki program pembiasaan operasi semut setiap Senin dan Jumat, kegiatan Sabtu bersih, lalu membuat piket lingkungan untuk hari lainnya yang diikuti oleh seluruh siswa dan guru serta warga sekolah lainnya.

“Anak akan merasa terpanggil, tergerak hatinya mau membersihkan lingkungan dan masyarakat terbantu,” ungkap Syafii lagi.

Adanya program ini, lanjut Syafii, SMPN 4 Tebing Tinggi bisa menjadi sekolah yang bersih, nyaman untuk warga sekolah serta masyarakat setempat.

“Kita ingin sekolah ini memiliki nilai jual di mata masyarakat. Harapan kami, ada sekolah lain berminat mengikuti program Sekolah Adiwiyata ini agar kita bersama-sama menciptakan siswa yang sadar dan peduli lingkungan. Tim Adiwiyata kami juga bersedia memberikan pendampingan untuk Sekolah yang ingin mengikuti program sekolah Adiwiyata di kabupaten Kepulauan Meranti ini,” pungkasnya. (azwin)

(Visited 59 times, 1 visits today)