Tim Visitasi FKUI Kunjungi RSUD di Anambas

Tim visitasi FKUI saat meninjau RSUD Jemaja. (yudi/haluankepri.com)

Tim visitasi FKUI saat meninjau RSUD Jemaja. (yudi/haluankepri.com)

ANAMBAS (HK) – Tim Visitasi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) meninjau sejumlah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) yang ada di Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA).

Turunnya tim tersebut untuk menindaklanjuti rencana kerjasama antara FKUI dan Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk KKA.

Herianto Kepala Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk KKA mengatakan, tim visitasi UI telah meninjau tiga RSUD yang ada di Anambas.

“Kamis (29/8) tim meninjau RSUD Jemaja, setelah itu langsung ke RSUD Palmatak dan Tarempa,”ujar Herianto, Jumat (30/8).

Ia menyebutkan, tim visitasi yang ke Anambas antara lain yakni, Dr.dr Em Yuni, dr. Fernadi, dr. Titis Prawitasari, dr. Pringgodigdo Nugroho dan Muhammad Rangga.

“Mereka berada di Anambas dari tanggal 28 sampai dengan 30 Agustus 2019,”katanya.

Turunnya tim visitasi ini terkait dengan persiapan kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) antara Dinas Kesehatan dan FKUI untuk dokter spesialis.

“MoU ini untuk pemenuhan kebutuhan dokter spesialis di Rumah-Runah Sakit yang ada di Anambas,”jelasnya seraya mengatakan, setelah melihat rumah-rumah sakit yang ada baru mereka memutuskan.

Ia mengakui bahwa saat ini Anambas kekurangan dokter Spesialis, dengan berakhirnya pengabdian dokter Spesialis WKDS pada bulan Oktober mendatang.

“Mengantisipasi ini kami meminta bantuan FKUI, karena dokter spesialis Pemda tinggal 4 orang,”tuturnya.

Saat ini Anambas memiliki dokter spesialis anak, spesialis penyakit dalam, anastesi dan dan anak. Sedangkan spesialis kandungan sudah berakhir masa pengabdiannya.

“Pengabdian dokter WKDS itu hanya setahun, maka setelah berakhir maka kita harus mencari dokter spesialis untuk memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,”pungkasnya.(yud)

(Visited 45 times, 1 visits today)