Tiga Parpol Berpeluang Kirim Kader untuk Jadi Pimpinan Sementara

Taufik, Sekretaris DPRD KKA. (dokumen)

Taufik, Sekretaris DPRD KKA. (dokumen)

ANAMBAS( HK) – Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Anambas telah meminta kepada partai politik (parpol) untuk mengirim nama pimpinan sementara DPRD setelah pelantikan dilaksanakan.

Taufik Effendi, Sekretaris DPRD Anambas mengatakan, di DPRD Anambas ada tiga partai yang mendapat tiga kursi di parlemen antara lain yakni PPP, PDIP dan PAN.

“Kita sudah surati partai untuk mengirim nama calon pimpinan sementara DPRD,” ujar Taufik, Minggu (1/9/2019)

Menurut Taufik dari amanah PP nomor 12, partai-partai ini akan bermusyawarah menunjuk ketua dan wakil ketua pimpinan sementara.

Lebih jauh ia mengungkapkan, untuk pimpinan sementara itu berbeda dengan definitif, yakni hanya dua saja yaitu ketua dan wakil ketua.

“Keputusan hasil musyawarah ketiga partai itu akan disampaikan kepada kami,” tuturnya lagi.

Pimpinan sementara itu memiliki empat fungsi sesuai dengan amanah undang-undang antara lain yakni, memimpin rapat, membentuk fraksi, membahas tatib, dan mengusulkan pimpinan definitif.

“Paling lama pimpinan sementara itu harus membentuk fraksi itu dalam satu bulan, namun biasanya itu tidak akan lama,” jelasnya lagi

Dia juga menyampaikan, anggota DPRD Anambas periode 2019-2024 akan dilantik oleh Hakim Senior Pengadilan Negeri (PN) Ranai Nanang Dwi Kristanto, SH, MH pada hari ini, Senin (2/9/2019).

Pihaknya mengundang sebanyak 450 orang yang terdiri dari instansi vertikal, tokoh agama, tokoh masyarakat dan lainnya.

“Untuk DPRD yang dilantik, diberikan 5 undangan kosong yang diperuntukan untuk keluarga atau yang lainnya tergantung Dewan itu sendiri,”jelasnya.

Pelantikan akan dilaksanakan di gedung DPRD pukul 10.00 WIB. (yud)

(Visited 66 times, 1 visits today)