Pemkab KKA Gelar Pengobatan Gratis untuk Tenaga Bongkar Muat

Seorang dokter sedang memeriksa salah seorang masyarakat. (yudi/haluankepri.com)

Seorang dokter sedang memeriksa salah seorang masyarakat. (yudi/haluankepri.com)

ANAMBAS (HK) – Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) melalui Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk daerah itu menggelar pengobatan gratis di Pelabuhan Tarempa, Jumat (6/9). Pengobatan gratis yang dilakukan ini menyasar tenaga bongkar muat, buruh pelabuhan dan masyarakat.

Pemeriksaan dan pengobatan gratis sendiri dimulai sejak Pukul 07.00 WIB hingga selesai.

“Sesuai arahan, buruh bongkar muat harus diberikan pemeriksaan dan pengobatan gratis,” ujar Herianto Kepala Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk (Dinkes PPKB), KKA.

Ia menyatakan, bahwa setelah dilaksanakan pemeriksaan, ternyata ditemukan salah seorang perkerja tersebut yang terinfeksi penyakit berat yakni TB dan langsung dirujuk ke Puskesmas.

“Hasil pemeriksaan lain mereka kurang sehat ada yang kolestrol, gula dara dan lainnya,”jelasnya.

Melihat kondisi yang ada saat ini lanjut Kepala Dinas, pihaknya akan melaksanakan pemeriksaan gratis tersebut secara kontinyu setiap dua kali dalam sebulan.

Ia mengaku, kegiatan semacam ini kerabkali dilaksanakan, namun kegiatannya menyasar pulau-pulau saja, sehingga yang dikota Tarempa luput dari perhatian.

“Selama ini kita terus melaksanakan pengobatan gratis dipulau-pulau namun yang didepan mata terlupa, sehingga kedepan kegiatan ini akan dilakukan secara terus menerus tiap dua bulan sekali,’paparnya.

Masih kata Herianto, pihaknya akan terus melakukan jemput bola agar kedepan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Pola ini sangat baik, dan kedepan pengobatan gratis ini akan menyasar tukang ojek,”tutupnya (yud)

(Visited 46 times, 1 visits today)