Kabut Asap Kiriman Belum Pengaruhi Pelayaran di Batam

(dedi/haluankepri.com)

(dedi/haluankepri.com)

SEKUPANG (HK) – Kabut asap kiriman dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Sumatera sampai kini belum membuat arus keberangkatan dari Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS) terganggu.

Kepala Syahbandar Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS), Parsaoran Samosir mengatakan, kini belum ada kendala dalam operasional kapal antar pulau di PDS. Bahkan keberangkatan kapal yang berlayar seusai dengan jadwal masih norma dan jarak pandang juga masih terlihat normal.

Parsaroan juga menambahkan, sejauh ini belum ada laporan terbaru akibat dampak kabut asap yang terjadi karena kebakaran di daerah Riau. Akan tetapi, ia mengatakan akan tetap berkoordinasi dengan setiap operator kapal.

“Mudah-mudahan cuaca baik. Jadi kalau kapal sudah penuh dan penumpang sudah masuk ke kapal semua, kapal langsung jalan,” ujarnya, Senin (9/9/2019) siang.

Selain itu, untuk mengantisipasi cuaca yang mungkin akan semakin berkurang baik, pihaknya sudah menyiapkan alat keselamatan penumpang serta koordinasi dengan nakhoda-nakhoda kapal.

“Semuanya sudah siap. Kami berharap tidak ada kendala yang menyebabkan kapal tertunda keberangkatannya. Mudah-mudahan aman dan lancar,” tambahnya.

Sementara, Ketua Bidang Penumpang, DPC INSA Batam, Asmadi juga mengatakan, bahwa berdasar laporan dari BMKG Batam untuk cuaca di PDS masih dalam keadaan bagus untuk pelayaran.

“Arus pelayaran berjalan lancar. Pagi cuaca cukup bagus. Jadi kapal bisa diberangkatkan. Mungkin di daerah Selat panjang sedikit terganggu, terutama tujuan pelayaran jauh seperti Dumai, Buton dan Bengkalis,” jelasnya saat itu.

Dikatakan dia lagi, untuk jarak pandang 200 meter di wilayah perairan Batam dan Tanjung Balai Karimun juga masih tergolong normal dan masih aman untuk berlayar.

“Tapi saya himbau juga kepada para mahkoda kapal agar tetap waspada memantau jarak pandang dan tetap berhati-hati untuk berlayar demi keselamatan para penumpang,” harapnya. (ded)