DPRD Optimis Selesaikan Tugas Pokok Sebelum Limit Waktu

IMRAN, Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas Sementara.Foto:Yudi/Haluan Kepri

ANAMBAS(HK)-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) optimis dapat menyelesaikan empat tugas pokok yang harus dilaksanakan oleh pimpinan sementara DPRD.

Imran Ketua DPRD KKA sementara mengatakan, pihaknya saat ini masih menunggu rapat pembentukan fraksi.

‘Insya Allah sebelum limit waktu satu bulan seperti yang diamanahkan undang-undang tugas pokok pimpinan sementara akan terealisasi,”ujar Imran, Rabu (11/9).

Legislator asal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu menjelaskan,
Pimpinan sementara itu memiliki empat fungsi sesuai dengan amanah undang-undang antara lain yakni, memimpin rapat, membentuk fraksi, membahas tatib, dan mengusulkan pimpinan definitif.

“Paling lama pimpinan sementara itu harus membentuk fraksi itu dalam satu bulan,”tuturnya.

Disinggung tentang Alat Kelengkapan Dewan (AKD), Imran menjelaskan, AKD itu menunggu pimpinan DPRD definitif.Namun demikian untuk pembentukan fraksi memang tugas dari pimpinan sementara membentuknya.

Ia menambahkan, begitupula dengan dengan orientasi, pihaknya saat ini masih menunggu dari provinsi.

“Orientasi itu dapat dilaksanakan oleh provinsi ataupun Kemendagri, atau di Provinsi lain namun atas rekomendasi dari Kemendagri,’katanya.

Dari informasi yang dihimpun dilapangan akan terdapat lima fraksi yang ada di DPRD Anambas antara lain yakni, Fraksi PPP Plus (PPP dan Partai Demokrat), Fraksi PDIP Plus (PDIP dan Partai Hanura), Fraksi Bintan Nasional Indonesia (PBB, Nasdem dan Perindo), Fraksi PAN, dan Fraksi Karya Indonesia Raya (Partai Golkar dan Gerindra). (yud)

(Visited 28 times, 1 visits today)