PWI Kepri Apresiasi Polresta dan Kapolsek Belakangpadang

Ketua PWI Kepri Candra Ibrahim menyerahkan piagam kepada Kapolsek Belakangpadang AKP Ulil Rahim, Rabu (11/9). PWI KEPRI

BATAM (HK)- Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kepulauan Riau, Candra Ibrahim memberikan piagam penghargaan kepada Polresta Barelang dan Kapolsek Belakanganpadang.

Kedua penghargaan tersebut diberikan atas inovasi Kapolsek Belakangpadang AKP Ulil Rahim SIK yang peduli untuk meningkatkan minat baca masyarakat pesisir dengan mendirikan Balai Bhabinkamtibmas dan Perpustakaan Mini di Pulau Kasu, Kecamatan Belakangpadang, Rabu (11/10/2019) pagi.

Penghargaan itu diterima langsung oleh Wakapolresta Barelang, AKBP Muji Supriadi dan Kapolsek Belakangpadang, AKP Ulil Rahim.

“PWI Kepri akan selalu memberikan apresiasi bagi pihak-pihak yang peduli dengan pembangunan mental dan pendidikan serta meningkatkan minat baca di tengah masyarakat,” ungkap Candra dalam sambutannya.

Candra mengatakan inovasi dan terobosan yang dilakukan oleh Kapolsek Belakangpadang merupakan langkah nyata dalam menangkal masuknya berbagai ancaman, baik tindak kriminalitas maupun ideologi asing yang dibawa oleh perkembangan teknologi.

“Merangkul remaja, menyibukkan mereka dengan kegiatan membaca dan musik-musik tradisional, merupakan langkah nyata antisipasi kejahatan yang rawan terjadi di daerah perbatasan,” paparnya.

Ia berharap, apa yang dilakukan oleh Kapolsek Belakangpadang ini dapat ditiru oleh instansi-instansi lain, khususnya yang bersinggungan langsung dengan pelayanan masyarakat.

Sementara itu, Kapolsek Belakangpadang AKP Ulil Rahim menjelaskan, dibangunnya Balai Bhabinkamtibmas ini bertujuan untuk mempererat lagi hubungan masyarakat dengan pihak kepolisian khususnya sektor Belakangpadang.

“Kami sengaja mendirikan balai ini di Pulau Kasu, karena pulau inilah yang berada di tengah dan pulau yang paling padat penduduknya di gugusan Kecamatan Belakangpadang,” jelasnya.

Ia berharap dengan didirikannya Balai Bhabinkamtibmas ini, hubungan masyarakat dan kepolisian dapat lebih akrab lagi, serta dapat meningkatkan minat baca masyarakat khususnya para remaja.

Wakapolresta Barelang, AKBP Muji Supriadi dalam pengarahannya menekankan agar Balai Bhabinkamtibmas ini tidak saja hanya dijadikan simbol, tapi juga harus dipergunakan sebagaimana mestinya.

“Jangan hanya diresmikan, setelah itu sepi, karena tidak dipergunakan, gunakanlah untuk kegiatan-kegiatan kemasyarakatan, untuk konseling, bahkan kalau ada masalah di tengah warga, gunakanlah balai ini untuk tempat berembuk, jangan langsung bawa ke polsek, kecuali untuk kasus narkoba, itu tak ada ampunnya,” jelas Muji.

Muji juga mengapresiasi langkah Kapolsek Belakangpadang yang telah melakukan inovasi dengan mendirikan balai Bhabinkamtibmas ini.

“Saya bangga memiliki anak buah seperti Pak Ulil, beliau penuh inovasi dan terobosan, dan dapat merangkul warga,” pujinya.

Balai Bhabinkamtibmas tersebut dibangun di lahan yang dihibahkan oleh salah seorang warga, serta pembangunannya pun hasil sumbangsih warga secara bergotong royong.

Pada kesempatan itu juga, Polresta Barelang memberikan penghargaan kepada masyarakat yang telah menghibahkan tanahnya. Serta bantuan juga diberikan dari Camat Belakangpadang kepada Balai Bhabinkamtibmas berupa satu unit komputer. Begitu juga dengan Himpunan Melayu Raya yang telah menyumbangkan alat musik dan Al Quran untuk pembinaan pemuda, serta dari Imigrasi Belakangpadang menyerahkan bantuan berupa alat tangkap untuk pembinaan nelayan.(r)