Belum Ada yang Terserang ISPA di Anambas

Herianto, Kepala Dinas Kesehatan Anambas. (yudi/haluankepri.com)

Herianto, Kepala Dinas Kesehatan Anambas. (yudi/haluankepri.com)

ANAMBAS (HK) – Hingga kini masih belum ada masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas yang terinfeksi penyakit ISPA, kendati kabut kiriman mulai menyelimuti daerah itu.

Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk KKA, Herianto, mengatakan, sampai saat ini kabut asap yang terjadi masih belum dalam kategori membahayakan.

“Meski belum masuk dalam kategori membahayakan, namun kita sudah siap dalam mengantisipasi apabila hal-hal yang tidak diinginkan terjadi,”ujar Harianto, Kamis (12/9).

Ia mengaku, hingga sekarang masih belum mendapatkan laporan dari Puskemas maupun RSUD tentang adanya penyakit tersebut di masyarakat

“Biasanya apabila ada yang terinfeksi laporannya sangat cepat masuk, namun sampai saat ini masih belum ada, karena kita terus memantau,”jelasnya.

Namun demikian lanjut Herianto pihaknya telah menyiapkan masker sebagai antisipasi apabila terjadi. Hal ini karena kita berpengalaman karena pada tahun lalu sempat terjadi disini.

“Harapan kita jangan sampai terjadi penyakit Ispa di Anambas,” ucapnya.

Sementara itu Raja Bayu Febri Gunadian, anggota DPRD KKA mengingatkan kepada pemerintah daerah untuk segera mempersiapkan langkah antisipasi apabila terjadi serangan penyakit ISPA di masyarakat.

“Kita minta pemerintah daerah melalui Dinas Kesehatan untuk menyiapkan masker bagi masyarakat mengatisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” katanya.(yud)

(Visited 26 times, 1 visits today)